You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disdik-FKPT DKI Gelar Sosialisasi Terorisme di Mal
.
photo doc - Beritajakarta.id

Disdik-FKPT DKI Gelar Sosialisasi Terorisme di Mal

Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta bersama Dinas Pendidikan bekerjasama mencegah terorisme di lingkungan siswa sekolah melalui diskusi bertajuk Masyarakat Bersama Tokoh Pendidikan DKI Cegah Bahaya Terorisme di ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Rabu (22/10).

Acara ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran serta pendidik dalam mencegah bahaya terorisme

Diskusi tersebut antara lain menghadirkan pembicara Direktur Pencegahan Badan Nasional Pencegahan Teroris (BNPT) RI Brigjen Pol Hamidin,  Ketua FKPT DKI Zaenal Musappa dan Kepala Bidang SLTA Dinas Pendidikan DKI Fathurin Zen.

"Acara ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran serta pendidik dalam mencegah bahaya terorisme," kata Fathurin Zen.

FKDM Dituntut Mampu Deteksi Potensi Ancaman Keamanan

Fathurin mengungkapkan, potensi terorisme pada usia siswa SMA bisa terjadi melalui paham atau ideologi dari keagamaan tertentu yang didapat lewat berbagai sumber.

"Ketika sebuah paham dianggap telah disepakati, maka ketika terjadi perbedaan itu bisa dianggap sebagai musuh," ujar Fathurin.

Terkait persoalan itu, Fathurin mengatakan, seharusnya para pendidik siswa di tingkat SMA tidak mengajarkan mata pelajaran dengan cara monolog dan monoton. Namun juga mengubah perilaku siswa dan melindungi anak didik dari paham-paham radikal.

"Ada lima elemen mental revolusi mental di dunia pendidikan yakni perubahan pola pikir, totalitas‎ komunikasi, identifikasi bakat, minat dan passion siswa," papar Fathurin.

Sementara itu, Zainal Mustafa menambahkan, sejak 2013 upaya pencegahan paham terorisme di lingkungan pendidikan telah dilakukan. Dimulai dengan kegiatan pembekalan pada pengurus Rohis di SMA yang ada di Jakarta.

"Kemudian juga pembekalan guru, dosen, pemuda serta remaja masjid agar mereka semua tidak terjerumus dalam paham ini," terang Zaenal.

Zaenal melanjutkan, FKPT DKI selama ini secara massif telah melakukan sosialisasi anti terorisme terhadap 180 sekolah atau 7.200 siswa SMA di DKI. Di kesempatan ini, diadakan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (Mou) tentang pencegahan terorisme  antara Dinas Pendidikan, FKPT DKI dan BNPT RI.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1160 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito