You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 100 Petugas Keamanan Cipinang Muara Dapat Pembinaan
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

100 Petugas Keamanan Cipinang Muara Dapat Pembinaan

Untuk mendapatkan kesamaan pengertian dan kesatuan tindak, demi terlaksananya sistem keamanan lingkungan (Siskamling) efektif, Kelurahan Cipinang Muara, Jatinegata, melaksanakan Pembinaan Keamanan Lingkungan di Aula Kelurahan.

Sistem keamanan dan ketertiban masyarakat perlu terus dikembangkan

Sosialisasi yang bermaterikan tentang pengorganisasian, fungsi dan kegiatan pos keamanan lingkungan (Pos Kamling), termasuk di dalamnya peralatan dan personel, diikuti oleh 100 petugas keamanan di lingkungan RW 01 hingga RW 16..

Lurah Cipinang Muara, Theresia Sri Hastuti mengatakan, pos kamling, beserta seluruh perangkatnya, merupakan salah satu sarana dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Pos Kamling Rusun Penjaringan Terbaik di Jakut

"Sistem keamanan dan ketertiban masyarakat perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan sebagai bentuk upaya mencegah gangguan keamanan ketertiban masyarakat," kata Theresia, Kamis (29/10).

Dikatakan Theresia, peran pos kamling selain menciptakan situasi dan kondisi yang aman, bisa meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab setiap warga yang berlandaskan azas gotong royong, kekeluargaan dan kebersamaan.

"Peran pos kamling bisa memasyaratkan dan menumbuhkan kesadaran dalam penanggulanan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas," tutur Theresia.

Bintara pembina (Binmas) Kelurahan Cipinang Muara, Aiptu Sumarwanto menilai, selama ini masyarakat seakan lepas tangan terhadap keamanan lingkungan, karena merasa sudah ada petugas.

"Selama ada hansip, warga kurang perduli, seharusnya warga itu juga ikut menjaga lingkungan masing-masing. Diminta sinerginya antara pengurus RT RW yang ada di wilayah lingkungan masing-masing. Begitu juga ormas kedaerahan, juga bekerjasama dan berkoordinasi dalam menjaga keamanan lingkungan," tandas Sumarwanto.

Pada kesempatan itu, peserta diberi pengetahuan tentang tanda-tanda pemukulan kentong yang digunakan pos kamling atau petugas keamanan sebagai isyarat jika sewaktu-waktu terjadi keadaan bahaya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1053 personAldi Geri Lumban Tobing