You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Yakin Genangan Cepat Surut
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Basuki Optimistis Genangan Cepat Surut

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku telah melakukan persiapan dalam penanganan banjir tahun ini. Salah satunya dengan melakukan pengerukan saluran air di Ibukota. Dengan demikian dipastikan genangan air yang terjadi akibat hujan akan lebih cepat surut.

Tapi saya yakin, kamu tes saja malam ini katanya ramalan cuaca mau hujan besar, pasti genangan akan cepa t sekali hilang

"Tapi saya yakin, kamu tes saja malam ini katanya ramalan cuaca mau hujan besar, pasti genangan akan cepat sekali hilang," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/11).

Basuki juga menyakini sistem aliran air di Ibukota sudah semakin baik. Di Jakarta sendiri terdapat 13 aliran sungai dan 800 sungai penghubung.

2 Pompa di Lagoa Selesai Diperbaiki

"Jadi kalau semua berhubungan kan, istilahnya ini bejana kapiler nih, air turun, kalau ada saluran semua pasti beres," ujar Basuki.

Selain dengan membersihkan saluran air, Pemprov DKI juga menyiapkan pompa-pompa di beberapa titik. Sehingga jika air tidak bisa mengalir bisa langsung dibuang dengan cara dipompa.

"Kami terus turunin pompa juga. Kalau kamu perhatiin Ancol dan Waduk Ria Rio sekarang, kenapa airnya turun? Kami sudah tes, untuk masuk saluran pompa itu kita gali lebih dalam," ucap Basuki.

Lokasi lainnya yang dipastikan genangan air berkurang seperti di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Namun masih ada beberapa titik yang turapnya bocor. "Nah sekarang kita sudah bersihin, pompa sudah kita tes. Kebocoran memang masih ada. Karena memang 63 kilometer belum tertutup rapat. Kita baru mau kerjain terus ini. Tapi kalau lagi surut ya pasti turun," papar Basuki.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pj Gubernur DKI Resmikan Groundbreaking Pembangunan RDF Rorotan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1541 personFolmer
  2. O2SN Kecamatan Makasar Diikuti 165 Murid SD

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1481 personNurito
  3. 388 Jamaah Haji Jakarta Kloter Pertama Telah Diberangkatkan

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1457 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pengerukan Saluran Air di Jalan Adhyaksa VI dan VII Tuntas

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1444 personTiyo Surya Sakti
  5. Upaya Pemprov DKI Berdayakan Produk Lokal Diapresiasi Kemenperin RI

    access_time13-05-2024 remove_red_eye1413 personAldi Geri Lumban Tobing