DKI Remajakan Alat Komunikasi Petugas Pintu Air
Menghadapi musim penghujan, Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan (Kominfomas) DKI Jakarta, telah meremajakan alat komunikasi di dua pintu air dan pusat komando Dinas Tata Air DKI.
Secara realtime, petugas kita di Katulampa atau Depok dapat segera berkabar ke pusat komando
Secara teknis, penggunaan alat komunikasi digital akan meningkatkan kemampuan penangkapan sinyal dari alat sebelumnya yang berteknologi analog. Alhasil, pesan suara yang dikirim kualitasnya akan lebih baik.
Banjir dari Katulampa Akan Dibuang dengan Pipa
Peremajaan alat komunikasi tersebut sudah dilakukan sejak Oktober lalu. Alat-alat tersebut juga sudah diinstalasi di Bendung Katulampa, Bogor dan pusat komando Dinas Tata Air DKI.
Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Dinas Kominfomas DKI, Yunus Azizi mengatakan, penggantian alat baru diharap akan mendukung kinerja petugas dalam menghadapi musim penghujan nanti. Pesan yang dikirim melalui alat tersebut, menurutnya secara kualitas lebih baik dari alat sebelumnya.
"Secara realtime, petugas kita di Katulampa atau Depok dapat segera berkabar ke pusat komando. Jadi bila ada kenaikan air yang signifikan bisa segera diketahui untuk diantisipasi," kata Yunus, Senin (9/11).
Menurut Yunus, dengan kualitas yang lebih baik, diharapkan petugas dapat dengan jernih menangkap pesan yang dikirim. Dengan demikian, diharapkan akan meminimalisir kesalahan dalam penangkapan pesan yang diterima.
"Sinyalnya karena berjalan di frekuensi digital tentu lebih baik. Suaranya pun lebih jernih," tandas Yunus.