You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Pastikan Jakarta Makin Siap Hadapi Banjir
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki Pastikan Jakarta Makin Siap Hadapi Banjir

Memasuki musim hujan, Pemprov DKI Jakarta akan terus memantau wilayah yang kerap menjadi langganan banjir. Namun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, genangan di ibukota saat ini jauh lebih kecil dan tak parah

Kita sudah punya data (wilayah) yang tergenang. Kita monitor terus, yang tergenang sekarang jauh lebih kecil dibandingkan dulu

"Kita sudah punya data (wilayah) yang tergenang. Kita monitor terus, yang tergenang sekarang jauh lebih kecil dibandingkan dulu. Dan yang tergenang inipun sebetulnya bukan kesalahan dari lurah yang nggak bersihin. Tapi rata-rata karena tali airnya bermasalah," kata Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta,  usai membuka acara Lokasabha VI Parisadha Hindu Dharma Indonesia DKI Jakarta di Pura Aditya, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (14/11).

Hadapi Banjir Tahun Ini, Basuki Nilai Tak Perlu Ada Simulasi

Menurut Basuki, genangan yang terjadi saat ini karena kebanyakan saluran air tertutup oleh fiber optik. Seperti kabel listrik, telkom, pipa air dan sebagainya. Kondisi ini diperparah dengan perilaku warga yang masih membuang sampah sembarangan ke saluran air.

"Kamu lihat nih, kadang-kadang orang Jakarta ini keterlaluan juga. Bawa mobil bagus buka jendela buang sampah ke luar. Buang tisu dan lain-lain. Kalau kita lihat sopir bus kadang mereka juga buang botol minuman sembarangan," ujar Basuki.

Kendati begitu, Jakarta saat ini jauh lebih siap menghadapi banjir. Walaupun banjir masih akan ada ditemui di beberapa titik, terutama di bantaran kali, misalnya kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, masih akan tergenang jika hujan deras berturut-turut. Kemudian, Kampung Pulo juga masih akan tergenang karena pembangunan normalisasi Kali Ciliwung belum rampung. Sebab pembangunan normalisasi terbilang terlambat. Namun untuk bulan Januari, Kampung Pulo lebih aman.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1139 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1015 personAldi Geri Lumban Tobing