You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Antisipasi Bencana di Jakbar, 1.000 Kader Disiagakan
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Antisipasi Bencana di Jakbar, 1.000 Kader Disiagakan

Sebanyak 25 dari 56 kelurahan di Jakarta Barat telah ditetapkan sebagai wilayah yang memiliki kerawanan banjir, kebakaran dan bencana lainnya. Penentuan titik kerawanan berdasarkan peta rawan bencana dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

otal ada sekitar 1.000 kader penanggulangan bencana yang telah diberikan pembinaan

Menyikapi hal tersebut, Kantor Penanggulangan Bencana Kota Jakarta Barat telah melakukan pengkaderan yang dilaksanakan sejak tanggal 16 September hingga 19 November.

“Total ada sekitar 1.000 kader penanggulangan bencana yang telah diberikan pembinaan. Setiap kelurahan rawan bencana memiliki sebanyak 40 orang kader,” kata Firmanudin, Kepala Pelaksana Kantor Penanggulangan Bencana Kota Jakarta Barat,  Jumat (20/11).

Warga Direkrut Jadi Kader Penanggulangan Bencana

Firmanudin mengatakan, 1.000 kader penanggulangan bencana telah mengikuti serangkaian pembinaan dari instansi terkait, diantaranya Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Suku Dinas Sosial dan Suku Dinas Kesehatan.

“Pembentukan kader penanggulangan bencana bertujuan untuk dapat merespon informasi peringatan dini dan membantu melakukan dukungan penanggulangan baik saat maupun setelah bencana,” ujar Firmanudin.

Firmanudin menambahkan, pihaknya juga telah menggelar rapat koordinasi dengan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) maupun camat yang menyepakati pembentukan posko siaga bencana di tingkat wali kota, delapan kecamatan dan 56 kelurahan. Posko siaga bencana di Jakarta Barat telah mulai aktif sejak 15 November.

“Kepala UKPD dan camat akan memberikan update data terkait penanggulangan bencana di Jakarta Barat dan memaparkan kesiapan menghadapi musim penghujan yang akan berdampak pada bencana banjir, pohon tumbang dan lainnya. Serta memastikan sarana dan prasarana yang dimiliki dalam kondisi baik dan siap beroperasi saat maupun setelah bencana,” papar Firmanudin.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye910 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye835 personAldi Geri Lumban Tobing