You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov Lampung Siap Suplai Kebutuhan Pangan Ibukota
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Pemprov Lampung Siap Suplai Kebutuhan Pangan Ibukota

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengaku siap menyuplai hingga 40 persen kebutuhan pangan di Ibukota. Komoditi yang akan disuplai mulai dari beras, sayur mayur hingga daging sapi. 

Kami sadar Pulau Jawa sudah sangat sempit. Lalu Lampung punya kemampuan untuk memenuhi 40 persen suplai kebutuhan pangan di Jakarta

 

"Kami sadar Pulau Jawa sudah sangat sempit. Lalu Lampung punya kemampuan untuk memenuhi 40 persen suplai kebutuhan pangan di Jakarta," kata Muhammad Ridho Ficardo, Gubernur Lampung, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (7/12).

Basuki : Bukan Alasan Lagi Tak Ada Kapal

Sebelumnya, antara Pemprov DKI dengan Pemprov Lampung telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait dengan suplai kebutuhan pangan ini.

Namun, Ridho mengaku saat ini suplai pangan tersebut masih belum maksimal. Sebab, beberapa komoditas tidak langsung masuk ke DKI. Melainkan transit terlebih dahulu di daerah lainnya.

"Tapi belum optimal sekarang. Ada beberapa kasus misalnya ada beras dari Lampung, tapi tidak tercatat beras dari Lampung ke Jakarta. Tapi ke Karawang dulu. Sampai ke Jakarta tercatat beras dari Jawa Barat. Jadi data itu yang jadi masalah," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berharap dalam jangka waktu enam bulan ke depan kerja sama sudah bisa optimal. "Saya harap bisa cepat ini enam bulan bisa dikerjakan, langsung kerjakan," kata Basuki.

Basuki pun akan mengoptimalkan beberapa BUMD, seperti PD Pasar Jaya, Dharma Jaya dan Tjipinang Food Station. Selain itu Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan juga akan terus berkoordinasi.

"Konsep Pak Jokowi, semua petani tidak boleh dirugikan. Jadi petani Lampung sama-sama kami yang niatnya bukan cari untung langsung ke pembeli di Jakarta," ucapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1167 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito