Layanan Proaktif Larasita BPN Diminati Warga
Layanan Proaktif Larasita yang digelar Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara, di halaman Gedung Judo, Kelapa Gading, Jumat (11/12), diserbu ratusan warga dari berbagai lapisan.
Kita bergerak secara mobile ke kelurahan dan kecamatan untuk memberikan layanan
Layanan tersebut memang sudah dinantikan warga sejak pagi hari. Buktinya, saat layanan itu dibuka secara resmi, warga langsung menyerbu untuk membuat sertifikat, akta jual beli dan lainnya.
Kepala BPN Jakarta Utara, Admiral Faizal mengatakan, layanan Proaktif Larasita yang digelar bertujuan agar semakin mendekatkan BPN kepada warga. Sebab, lanjut dia, tidak semua wilayah di Jakarta Utara bisa terjangkau oleh BPN, terutama dalam memberikan layanan pembuatan sertifikat.
Warga Pademangan Dapat Pemahaman Soal Pertanahan"
Kita bergerak secara mobile ke kelurahan dan kecamatan untuk memberikan layanan . Sehingga warga dengan mudah dan tidak perlu lagi datang ke kantor BPN yang berada di lingkungan Kantor Wali Kota Jakarta Utara," kata Admiral.Menurut Admiral, selain menggelar layanan Proaktif Larasita, pihaknya juga memberikan layanan Program Nasional (Prona) yang dibiayai oleh negara. Melalui pelayanan ini warga sangat terbantu lantaran tidak perlu membayar biaya ukur dan pembuatan sertifikat. Sebab, dalam program ini ada pengurangan Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).
"Pengurangan biaya BPHTB itu bukan berarti gratis. Tapi warga tetap membayar sesuai nilai dan ukuran lahannya. Negara hanya memberikan pengurangan nilai bayar BPHTB," jelas Admiral.
Selain itu, pihaknya juga menggelar pelayanan one day service yang digelar dalam acara Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Senayan.
"Kami juga menggelar program Lalansia. Yakni program khusus bagi para lanjut usia di atas usia 60 tahun. Melalui layanan ini kami langsung menjemput ke rumah dan langsung memberikan sertifikatnya," tukas Admiral.