You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
BPBD Prediksi Genangan dan Banjir Cepat Surut
.
photo doc - Beritajakarta.id

BPBD Prediksi Genangan dan Banjir Cepat Surut

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan upaya penanganan genangan dan banjir di Ibukota sejak 2015. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI,  genangan yang muncul tahun ini diprediksi lebih cepat surut ketimbang tahun lalu.‎

Tahun lalu itu genangan bisa saja berhari-hari, sedangkan untuk tahun ini kita prediksi genangan bisa surut dengan hitungan jam

"‎Tahun lalu itu genangan bisa saja berhari-hari, sedangkan untuk tahun ini kita prediksi genangan bisa surut dengan hitungan jam," kata Bambang Surya Putra, Kabid Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Jakarta, Selasa (19/1).

Bambang melihat pengurangan genangan karena program pengerukan kali dan saluran penghubung, pembongkaran beton penutup saluran, ‎dan penertiban bangunan di atas saluran di lima wilayah kota di DKI Jakarta.

Yuk Aktif Laporkan Genangan di Twitter

Ia menyebutkan, pada tahun lalu, di wilayah Jakarta Selatan titik genangan terpusat di lima kecamatan dan terdapat 20 titik genangan di tingkat Rukun Warga (RW). Genangan antara 10 hingga 50 sentimeter, dengan durasi genangan selama satu hari.

"Kalau tahun ini genangan di Jakarta Selatan itu tidak kurang dari 4 jam saja," katanya.

Sementara itu, di wilayah Jakarta Timur, titik genangan berada di lima kecamatan. Pada lima kecamatan ini, terdapat 25 Rukun Warga yang kerap tergenang. Genangannya mencapai 80 sentimeter dan ‎kesurutan genangan selama satu hari. Bambang memprediksi, surutnya genangan di Jakarta Timur kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Bambang menambahkan, masih ada beberapa lokasi rawan banjir pada tahun ini belum mengalami perubahan.‎

‎"Contohnya di wilayah Cengkareng Timur di bawah jembatan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Kompleks Mini Country, Ulujami," ucapnya.

Ia menjelaskan, penyebab lamanya genangan surut di Cengkareng Timur karena tidak ada jalan keluar limpasan air hujan di Tol JORR. Sementara di Mini Country, Ulujami, genangan lama surut akibat daerah tersebut merupakan daerah cekungan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati