You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jokowi Canangkan Pembangunan Stadion Taman BMW
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Taman Bersih Manusiawi ber-Wibawa (BMW) di Sunter, Jakarta Utara, dimana lokasi tersebut nantinya akan dibangun lapangan sepakbola yang diperuntukkan sebagai markas klub sepakbola kebanggaan kota Jakarta yak.
photo doc - Beritajakarta.id

Jokowi Canangkan Pembangunan Stadion Taman BMW

Setelah sempat tertunda, akhirnya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Rabu (28/5), resmi mencanangkan pembangunan Stadion Internasional Taman Bersih Manusiawi Wibawa (BMW) di Jl RE Martadinata, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diperkirakan, proses pengerjaan stadion senilai Rp 1,2 triliun akan rampung tahun 2017 mendatang. 

I ni stadion yang modern dan sangat bagus. Kita ini kan ada Persija dan Persitara. Jadi ini untuk markas klub-klub sepak bola yang ada di Jakarta

Jokowi menjelaskan, persiapan pembangunan Stadion Taman BMW telah dilakukan sejak 14 tahun yang lalu. Tetapi karena terkendala sengketa lahan, pembangunan stadion itu baru bisa dimulai tahun ini. Lokasi Stadion Taman BMW ini hampir 50 persennya merupakan danau terbentuk dari tanah campuran tanah liat dan lempung serta berada di daerah rawan banjir. Total luas taman tersebut 66,6 hektare yang terbagi atas 25,7 hektar taman, 30,7 hektar danau dan 7,2 hektar hutan kota.

"Sekarang mulai pematangan lahan. Ini kan lahan rawa, setelah matang baru konstruksinya dimulai. Nilai proyeknya Rp 1,2 triliun. Itu termasuk untuk stadion utama dan dua lapangan latihan," kata mantan Walikota Surakarta ini.

Lahan Taman BMW Akan Dipagari Beton

Jokowi memaparkan, Stadion  Taman BMW merupakan pengganti  Stadion Lebak Bulus yang digunakan untuk depo Mass Rapid Transit (MRT) . Luas lahan untuk pembangunan stadion adalah 12,5 hektare. Bila telah selesai dibangun, stadion bisa menampung 50 ribu penonton.

"Ini stadion yang modern dan sangat bagus. Kita ini kan ada Persija dan Persitara. Jadi ini untuk markas klub-klub sepak bola yang ada di Jakarta," jelasnya.

Selain sarana olahraga, akan ada sarana rekreasi keluarga. Sebab, stadion yang telah dicanangkan sejak era Fauzi Bowo itu akan dilengkapi ruang terbuka hijau (RTH) seluas 56 hektare. RTH itu akan dilengkapi taman rekreasi air, jogging track, bike way, gedung exhibition show, dan tempat untuk melihat langsung keindahan laut.

Jokowi mengakui di beberapa bagian taman BMW masih ada lahan yang diakui oleh warga. Setelah mulai dilakukan pematangan landasan atau pengerasan lahan rawa, menurut Jokowi semua masalah sengketa akan segera diselesaikan.

"Kalau yang mau dibangun ini sudah rampung, yang masih ada gugatan itu yang di luar ini. Kalau mau gugat silakan gugat," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, untuk menyelesaikan sengketa, Pemprov DKI dan pihak yang bersengketa sudah dipanggil tiga kali oleh pihak pengadilan. Tetapi pihak yang menggugat Pemprov tidak datang untuk memenuhi panggilan.

"Tapi kalau sudah di pengadilan, ya datang kalau diundang. Ini yang sudah diundang tiga kali oleh pengadilan tidak datang. Harusnya ya datang dong, sehingga pengadilan bisa segera memutuskan," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1204 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1022 personNurito
  4. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye757 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye743 personFolmer