You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Namun karena tak kunjung direnovasi, sejak setahun belakangan ini, kerusakan bangunan semakin menja
Kondisi gedung Sasana Krida Karang Taruna, Kelurahan Pegangsaandua, Kelapa Gading, memprihatinkan. Selain mengal.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Gedung Karang Taruna Pegangsaan Dua Rusak Berat

Gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Selain mengalami keropos nyaris di seluruh bagian bangunan, kondisi atap bangunan sudah melengkung dan berlubang. Kondisi ini tentu saja sangat mempengaruhi sejumlah kegiatan anggota karang taruna. 

Kalau ada pertemuan kadang kita masih gunakan. Paling kita berhati-hati dan berkumpul di bagian yang relatif aman

Gedung SKKT yang berlokasi di Jl Tiva RW 07, Pegangsaan Dua ini diketahui sudah mengalami kerusakan sejak lima tahun lalu. Namun sayangnya, Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, selaku penanggung jawab pemeliharaan gedung ini tidak kunjung melakukan renovasi. Akibatnya, saat ini kerusakan bangunan bertambah parah.

Dari pantauan beritajakarta.com, bagian tulang rangka atap bagian atas melengkung dan hampir patah. Sejumlah plafon pun harus ditopang oleh bambu agar tidak roboh. Kemudian di bagian tengah atap bangunan ambrol dengan diameter sekitar 1 meter.

Basuki : Gedung Sekolah Tua Harusnya Dirobohkan

Ketua Karang Taruna Kelurahan Pegangsaan Dua, Farid menuturkan, sejak bertugas tiga tahun lalu,  kondisi kayu di bagian atap sudah keropos. Hingga akhirnya awal tahun ini, atap bagian tengah ruang pertemuan ambrol.

"Kalau ada pertemuan kadang kita masih gunakan. Paling kita berhati-hati dan berkumpul di bagian yang relatif aman," kata Farid, Kamis (12/6).

Menurut Farid, selama ini gedung tersebut masih kerap dimanfaatkan Karang Taruna Pengangsaan Dua dan beberapa anggota karang taruna untuk rapat atau sekedar kumpul. Sedangkan mengenai kondisi gedung sendiri, pihak Sudin maupun Dinas Sosial sudah mengetahuinya.

"Belum lama ini sudah ditinjau sama orang dinas, tapi kita gak tahu mau diperbaiki atau tidak. Kami sih berharap gedung ini bisa segera diperbaiki," tandasnya.

Saat dikonfirmasi, Kasudin Sosial Jakarta Utara, Ika Lestari Adji membenarkan, sejumlah gedung SKKT kelurahan di wilayahnya perlu direhab. Di antaranya adalah SKKT di Kelurahan Pegangsaan Dua, Cilincing, Sukapura dan Pademangan Barat.

"Tapi untuk Pegangsaan Dua, Sukapura dan Pademangan Barat, baru kita usulkan di RAB (Rencana Anggaran Biaya) tahun ini, sehingga tahun depan rehab bisa dimulai. Sedangkan tahun ini Cilincing sudah masuk tahap lelang," ujar Ika.

Ika menjelaskan, rehab di SKKT Pegangsaan Dua, rencananya akan dibangun gedung dua lantai. Pada lantai dasar akan dibangun aula sebagai pertemuan dan lantai dua akan dibuat sebagai kantor.

"Sebenarnya sudah sejak tahun lalu kita usulkan, tapi karena minimnya anggaran jadi tertunda. Mudah-mudahan bisa disetujui tahun depan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye5910 personNurito
  2. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye4645 personNurito
  3. Kelurahan Rawa Terate Gandeng CSR Tangani DBD

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3300 personNurito
  4. 60 Warga Manfaatkan Layanan Jemput Bola Pembuatan NIB

    access_time01-05-2024 remove_red_eye3264 personTiyo Surya Sakti
  5. Sekda DKI Buka Kick Off Inventarisasi Barang Milik Daerah 2024

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3140 personFolmer