You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sodetan Ciliwung-KBT Berfungsi Membagi Beban Air
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Sodetan Ciliwung-KBT Berfungsi Membagi Beban Air

Sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) sangat bermanfaat untuk mengurangi banjir di Jakarta. Sebab sodetan tersebut berfungsi untuk membagi beban air dari Sungai Ciliwung ke KBT.

Fungsi sodetan itu untuk membagi air ke KBT, mengurangi air dari Sungai Ciliwung ke KBT. Jadi beban air bisa terbagi rata

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan mengatakan, saat musim hujan, biasanya debit air Sungai Ciliwung akan meningkat. Sementara di KBT debit airnya tidak terlalu banyak.

"Fungsi sodetan itu untuk membagi air ke KBT, mengurangi air dari Sungai Ciliwung ke KBT. Jadi beban air bisa terbagi rata," kata Teguh, saat dihubungi (3/5).

DKI Pelajari Putusan Bidara Cina

Sodetan tersebut akan mengalirkan air dari Kali Ciliwung sebanyak 60 meter kubik per detik ke Kanal Banjir Timur. Dengan kapasitas tersebut, 10 persen beban aliran air Ciliwung dapat dikurangi.

Menurut Teguh, saat ini pekerjaan sodetan masih berlangsung disisi Kali Cipinang, meski masih ada proses hukum yang dilalui. Pembangunan dikerjakan oleh pemerintah pusat yakni Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Pembangunan oleh BBWSCC, kami hanya pembebasan lahan. Kami sempat kalah di PTUN, tapi sedang mengajukan kasasi untuk upaya hukumnya," ucapnya.

Teguh menambahkan, seharusnya pembangunan bisa tetap dikerjakan. Karena sodetan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengatasi banjir. "Pemerintah nggak bisa mundur. Putusan PTUN tidak bisa membatalkan, karena ini untuk kepentingan umum," ujarnya.

Sodetan ini menyambungkan aliran Sungai Ciliwung ke KBT sepanjang 1,27 kilometer. Ada dua hektare lahan yang masih harus dibebaskan di kawasan Bidara Cina dan Jalan Otista di Jakarta Timur. Pembebasan ini dipergunakan untuk pintu air masuk dan keluar aliran sungai.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3015 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2939 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2923 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2879 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2682 personAldi Geri Lumban Tobing