You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Pamerkan Smart City di Jakarta Fair
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki Larang Diskresi di Busway

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta agar polisi tak lagi melakukan diskresi untuk lalu lintas di busway. Karena selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jalur khusus Transjakarta tersebut juga akan digunakan sebagai jalur evakuasi.

Jadi kami sepakat bahwa b usway ini bukan hanya untuk bus Transjakarta saja. Tapi ini juga adalah jalur evakuasi sebetulnya. Makanya saya minta agar, tolong jangan ada diskresi lagi

"Jadi kami sepakat bahwa busway ini bukan hanya untuk bus Transjakarta saja. Tapi ini juga adalah jalur evakuasi sebetulnya. Makanya saya minta agar, tolong jangan ada diskresi lagi," kata Basuki, Jumat (10/6) malam.

Basuki mengatakan, kemacetan di Jakarta akan menyulitkan untuk melakukan evakuasi jika terjadi bencana maupun musibah lainnya.

Transjakarta Siapkan Sistem Contra Flow

"Kan Jakarta begitu macet, helikopter juga nggak mungkin turun kalau terjadi misalnya ada orang serangan jantung, atau seperti kebakaran segala macam, bagaimana pemadam bisa masuk? Nah satu-satunya cara yaitu busway," ujarnya.

Basuki ingin agar jalur bus Transjakarta tetap steril meski jalanan di Ibukota macet. Karena memang jalur tersebut dibuat khusus untuk bus Transjakarta dalam memberikan pelayanan bidang transportasi.

"Makanya kami minta apapun risikonya Jakarta, semacet apapun, busway jalur evakuasi ini tidak boleh terhambat," tegasnya.

Basuki menambahkan, diskresi nantinya hanya akan diberikan untuk beberapa kendaraan saja. Misalnya ambulance, mobil pemadam kebakaran, serta beberapa menteri yang menggunakan plat nomor RI. Kebijakan itu diambil karena melihat kebutuhan yang ada di lapangan. 

"Terus tadi ada pertanyaan, kalau menteri gimana jika mau rapat? Kami pilih saja, kalau plat RI boleh masuk deh. Gubernur boleh nggak? Nggak boleh. Embassy nggak kami kasih masuk, terlalu banyak platnya. Plat RFS juga nggak bisa," ucapnya.

Kebijakan ini diterapkan mulai awal pekan depan. Basuki sudah membicarakannya dengan Dirlantas Polda Metro Jaya atas kebijakan tersebut. "Sudah ngomong sama Dirlantasnya, harus setuju dong," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1266 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye802 personBudhi Firmansyah Surapati