You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PKL Pasar Jatinegara Segera Ditata
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Penataan PKL Jatinegara Harusnya Dilakukan Oleh KJK

Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Timur meminta agar penataan secara swadaya pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Pasar Lama Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur, dilakukan oleh pihak berbadan hukum.

Sebaiknya penataan dilakukan oleh koperasi

Kasudin KUKMP Jakarta Timur, Arfian mengatakan, tidak mempersoalkan PKL menata lapaknya secara swadaya. Dengan catatan tidak menimbulkan kekisruhan antar PKL.

Namun ia menyarankan sebaiknya penataan dilakukan oleh Koperasi Jasa Keuangan (KJK) kelurahan setempat atau koperasi lainnya. Sehingga saat timbul masalah, koperasi yang harus bertanggungjawab.

Waktu Berjualan PKL Pasar Jiung akan Diatur

Sebaiknya penataan dilakukan oleh koperasi. Namun kalau swadaya tidak menimbulkan masalah ya silakan saja. Karena kami baru bisa tata di tahun 2017," kata Arfian.

Pihaknya juga memberikan apresiasi semua PKL yang sudah memiliki kartu ATM Bank DKI. Namun retribusi autodebet belum bisa dilakukan. Sebab harus ada pendataan ulang dan rapat koordinasi lintas sektor.

Melibatkan unsur kelurahan, kecamatan, Bagian Perekonomian dan Pasar Jatinegara. Mereka juga harus menyiapkan foto copy KTP, KK dan buku tabungan untuk persyaratan program autodebet.

Koordinator PKL Balimester, Junaedi mengatakan, rencana penataan oleh Sudin KUKMP tidak pernah terealisasi. Padahal usulan penataan sudah dilakukan sejak 2005 lalu. Karena itu sekitar 98 PKL berinisiatif merapihkan secara swadaya pasca Lebaran Idul Fitri nanti.

"Pedagang semua sudah sepakat untuk penataan lapak. Agar rapih dan seragam, rencananya akan dibangun model los tanpa sekat. Kami sudah laporkan ke kelurahan, kecamatan dan Sudin KUKMP Jakarta Timur. Kami juga sudah miliki rekening Bank DKI untuk retribusi autodebet," tandas Junaedi.

Menurutnya, tenda akan dibuat semi permanen menggunakan tiang besi dan atapnya spandek. Pada sisi timur jalan, dibangun tenda sepanjang 83 meter dan sisi barat 60 meter. Lebarnya diratakan menjadi tiga meter. Sebelumnya lapak PKL ini lebarnya 3,2 meter.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1048 personAldi Geri Lumban Tobing