You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
kampung derert jakarta
kampung derert jakarta .
photo doc - Beritajakarta.id

43 Rumah Kampung Deret Belum Dialiri Listrik

Kampung deret Petogogan, Jakarta Selatan telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta sejak April lalu. Namun hingga kini, dari total 123 rumah yang ada, puluhan rumah yang berada di RT 10 dan 12 RW 05 Petogogan tersebut belum juga dialiri listrik.

Hingga kini rumah saya belum juga dialiri listrik

"Hingga kini rumah saya belum juga dialiri listrik," ujar Teti (36), warga RT 10/05, Kamis (3/7).

Karena keberatan dengan biaya kontrak rumah yang cukup mahal, akhirnya Teti beserta keluarga menempati rumah yang belum teraliri listrik tersebut sejak Mei lalu. "Lumayan bayar kontrakan sebulan satu juta. Ya mending ditempati lalu cari cara untuk bisa ada listrik sementara," ucapnya.

Kampung Deret Akan Dilengkapi Perpustakaan

Teti lalu menyambungkan kabel dari rumah tetangga yang listriknya telah menyala agar rumah yang ditempatinya tidak gelap gulita. Biaya listrik pun ditanggung bersama. "Ya terus suntik dari saluran listrik tetangga, bayarnya patungan. Tapi ya tidak enak juga kelamaan, karena dayanya kecil kalau dipakai berdua sering turun," ungkapnya.

Dari keterangan warga kampung deret Petogogan, terdapat 43 unit rumah yang belum dialiri listrik PLN. Mereka menggunakan cara yang sama dilakukan oleh Teti untuk bisa menerangi rumah-rumah mereka.

Lurah Petogogan, Kuswara mengakui memang ada rumah warganya di kampung deret yang belum dialiri listrik. Itu karena ada rancangan instalasi listrik yang belum disetujui oleh pihak PLN. "Pihak PLN sudah beberapa kali melakukan peninjauan. Mereka menilai kalau instalasi belum memenuhi standar," jelasnya.

Menurut Kuswara, kesalahan tersebut karena instalasi listrik yang dipasang oleh kontraktor tidak sesuai dengan desain awal pembangunan. Sehingga sebanyak 43 dari 136 unit rumah di Kampung Deret Petogogan dinilai belum layak. "Itu yang bangunnya salah dari desain awal. Tapi perbaikan sudah kita lakukan, listrik sekarang sudah siap dialirkan," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1144 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1019 personAldi Geri Lumban Tobing