You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
       DKI Catat Laporan Keuangan Secara Real Time
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

DKI Catat Laporan Keuangan Secara Real Time

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menerapkan sistem laporan keuangan dengan penerapan accrual basis (berbasis akrual).

Misalnya saat ini dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melakukan transaksi pembayaran. Saat itu juga sistem akan mencatat

Laporan ini mencatat sejumlah pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) secara real time.

Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat menjelaskan sistem ini akan mencatat transaksi ekonomi dan peristiwa lainnya pada saat terjadinya transaksi.

BPKAD Optimis Pencatatan Aset Rampung Tahun 2016

"Misalnya saat ini dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melakukan transaksi pembayaran. Saat itu juga sistem akan mencatat," ungkapnya, Kamis (14/7).

Dengan demikian informasi keuangan yang dihasilkan lebih akuntabel, transparan, real time dan komprehensif karena seluruh arus sumber daya dicatat.

Langkah ini tentunya didukung dengan sistem pembayaran non cash transaksi di Bank DKI. Data akan langsung tercatat di elektronik Buku Kas Umum (e-BKU).

Sebelumnya, sistem pencatatan dilakukan secara manual. Setiap SKPD menyetor laporan diakhir tahun menunggu sejumlah kelengkapan dokumen pembayaran. Bahkan pembayaran juga ada yang masih menggunakan secara tunai.

"Pemprov DKI memiliki 736 SKPD dengan kompleksitas transaksi pendapatan maupun belanja dan jumlah aset yang sangat material. Ini sangat membantu," tandasnya.

Meskipun demikian, ia menegaskan SKPD selaku entitas akuntansi bertanggungjawab untuk menyusun laporan keuangannya masing-masing. SKPD harus memahami kebijakan terkait pengelolaan  sistem keuangan berbasis akrual secara utuh.

Sistem ini, ujar Syaefuloh, sesuai dengan amanat UU No 17 Tahun 2013 tentang Keuangan Negara dan PP No 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye988 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye934 personAldi Geri Lumban Tobing