You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
43 Bangunan Liar di Atas Saluran PHB Jelambar Utara Ditertibkan
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

43 Bangunan Liar di Saluran PHB Jelambar Utara Dibongkar

Sebanyak 43 bangunan liar yang berdiri di atas saluran PHB Jelambar Utara, RW 05,06 dan 08, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat ditertibkan petugas gabungan.

Dalam rangka normalisasi saluran, saat ini seluruh wilayah menggencarkan penertiban, baik itu dengan membongkar bangunan liar di atas saluran

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan, jumlah saluran air di Ibukota sebanyak 1.169. Sebagian saluran air itu tertutup bangunan warga.

"Saat ini di DKI Jakarta sekitar 1.169 saluran air dari mulai saluran air, saluran PHB, got ditutup rapat oleh masyarakat dengan cara dicor," ujar Teguh, saat melakukan peninjauan penertiban, Kamis (11/8).

6 Bangunan Ruko di Grogol Dibongkar

Teguh menegaskan, tertutupnya saluran menyebabkan petugas kesulitan untuk mengambil sampah yang mengendap. Hal ini yang akhirnya menimbulkan lumpur dan terjadi pendangkalan.

"Untuk itu dalam rangka normalisasi saluran, saat ini seluruh wilayah menggencarkan penertiban, baik itu dengan membongkar bangunan liar di atas saluran-saluran air dan membongkar beton coran yang menutup rapat saluran air," ucap Teguh.

Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat, Imron Syahrin menuturkan, total bangunan liar yang ditertiban di atas saluran PHB Jelambar Utara. Sebanyak 43 bangunan semi permanen dan permanen.

Rinciannya, 35 bangunan rumah tinggal, satu pos RT, tiga pos RW, dua PAUD dan dua Posyandu. Dan untuk menertibkan puluhan bangunan liar tersebut dikerahkan 100 petugas gabungan, PHL Sudin Tata Air, Satpol PP, PPSU, TNI dan Polisi dibantu satu eskavator, breaker dan delapan dum truk dan kendaraan lainnya dari jajaran kelurahan dan kecamatan serta Sudin Kebersihan.

"Jadi bangunan liar di atas saluran PHB selebar tiga meter yang kami tertibkan sepanjang 800 meter. Dan paska penertiban saluran langsung kami bersihkan lumpur dan sampahnya," tandas Imron.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1158 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1114 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito