You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
kali dipenuhi eceng gondok
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Kali Maja di Pegadungan Dipenuhi Eceng Gondok

Kali Maja yang melintasi RW 09, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, kembali dipenuhi eceng gondok dan lumpur. Akibatnya, gorong-gorong dan saluran yang mengalirkan air kali saat hujan tidak berfungsi maksimal karena dipenuhi oleh lumpur yang telah mengeras.  

Sesuai kewenangan kali sudah pernah kami normalisasi sekaligus membongkar sebanyak 170 lebih bangunan yang ada di pinggir Kali Maja. Soal gorong-gorong kini salah satunya tersumbat akan kami cek dan bila benar akan kami keruk hingga kembali berfungsi dengan baik

Muflihun (60), warga RT 07/09, Kelurahan Pegadungan mengatakan, Kali Maja mengalir dari wilayah Tangerang dan bermuara di Kali Angke.

“Kali ini (Maja) melintasi dari wilayah Tangerang, Pegadungan, Cengkareng, Kapuk hingga bermuara di Kali Angke Pesing,” ujar Muflihun, Selasa (15/7).

Lagi, DKI Terima Sumbangan 2 Truk Sampah

Dua tahun lalu, kata Muflihun, Kali Maja pernah dinormalisasi oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat dengan cara dikeruk dan dilebarkan di kedua sisi kali masing-masing dua meter. Namun, karena kurangnya perawatan membuat saat ini kali kembali dangkal oleh lumpur dan dipenuhi eceng gondok.

“Makanya, akibat kali dangkal dan banyak dipenuhi eceng gondok, warga yang memanfaatkan kali untuk mencuci pakaian jadi sulit,” ucap Muflihun.

Warga, lanjut Muflihun, berharap agar satu dari dua gorong-gorong di kolong jembatan Jl Bambu Larangan Raya pada kali tersebut yang tersumbat oleh lumpur yang mengeras segera dikeruk hingga saat musim hujan air dapat mengalir dengan lancar dan tidak membanjiri wilayah mereka.

Kondisi yang sama juga terdapat pada Kali Mookevart, Daan Mogot, tepatnya di depan halte gelas. Pada kolong jembatan, eceng gondok memenuhi kali tersebut yang panjangnya mencapai kira-kira hampir 500 meter.

Alhasil, saat hujan turun, air kali tidak dapat mengalir dengan lancar ke muaranya di Kali Cengkareng Drain dan membuat wilayah bantaran kali Kelurahan Rawabuaya rawan tergenang air setinggi paling minim 30 sentimeter.

Kepala Seksi Pemeliharaan, Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, Amir Pangaribuan, mengatakan, pihaknya dua tahun lalu sudah melakukan normalisasi Kali Maja sepanjang hampir 500 meter dari perumahan Citra hingga perumahan Merpati.

Sesuai kewenangan kali sudah pernah kami normalisasi sekaligus membongkar sebanyak 170 lebih bangunan yang ada di pinggir Kali Maja. Soal gorong-gorong kini salah satunya tersumbat akan kami cek dan bila benar akan kami keruk hingga kembali berfungsi dengan baik,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2690 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2315 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2219 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1934 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1271 personAnita Karyati