You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Bangkitkan Nasionalisme Anak Dengan Dongeng
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki Bangkitkan Nasionalisme Anak Dengan Dongeng

Ada yang menarik pada pelaksanaan puncak Hari Anak Jakarta Membaca 2016. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama diminta untuk mendongeng kepada pengunjung yang hadir. 

Disitu bapak ketemu senatornya. Ditanya dari mana kamu? Langsung jawab dari Indonesia

Basuki memilih tema dongeng terkait dengan lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda dan Pancasila. Tema tersebut sengaja dipilih untuk membangkitkan rasa nasionalisme anak-anak.

Cerita dimulai saat dirinya diundang menjadi salah satu pembicara pada kongres Obama di Amerika Serikat tahun 2008 lalu. Pada saat itu, dirinya secara bangga menyebutkan berasal dari Indonesia. 

Besok, Puncak Peringatan Hanjaba 2016 Digelar

"Di situ bapak ketemu senatornya. Ditanya dari mana kamu? Langsung jawab dari Indonesia," kata Basuki, disambut tepuk tangan pengunjung, di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (17/9).

Menurut Basuki, pendiri negara Indonesia memiliki pemikiran yang sangat hebat. Salah satunya lambang negara Burung Garuda. "Kalau Amerika punya burung elang, di Indonesia punya Burung Garuda. Bahkan ada Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pegangan di kakinya," kata Basuki.

Pada kesempatan itu, Basuki juga mengajak anak-anak di Jakarta untuk lebih rajin membaca dan menulis lagi. Sehingga memiliki wawasan yang banyak, tidak hanya mengenai Indonesia saja tetapi juga berbabgai pengetahuan yang ada di dunia.

Acara puncak Hanjaba 2016 ini juga turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara. Rudi memberikan album perangko 2016 kepada Basuki. Secara simbolis juga ditandatangani sampul peringatan hari pertama seri Jakarta, berlogo Monas dan Ondel-ondel.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Operator Angkutan Umum Diminta Proaktif Cegah Tindak Kekerasan Seksual

    access_time07-08-2022 remove_red_eye845 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Wagub Ariza Berharap Organisasi Kepariwisataan Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Jakarta Sebagai Destinasi Wisata Global

    access_time10-08-2022 remove_red_eye799 personYudha Peta Ogara
  3. Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan di RW 05 Rorotan Dibentuk

    access_time07-08-2022 remove_red_eye798 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Kelurahan Pulau Tidung Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

    access_time10-08-2022 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Tutup Saluran Ambles di Jl Abdul Muis dan Jl Tanah Abang I Diperbaiki

    access_time10-08-2022 remove_red_eye765 personFolmer