You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
160 Anggota Pramuka Dilatih Penanganan Korban Banjir
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

160 Anggota Pramuka Dilatih Penanganan Korban Banjir

Sebanyak 160 anggota Pramuka Kwarcab Jakarta Timur, dilatih penyelamatan korban bencana di air atau water rescue, Sabtu (1/10). Pelatihan ini dilakukan di Danau Buperta Cibubur, menggunakan tiga perahu karet.

Anggota Pramuka perlu dilatih penanganan korban bencana di air karena mereka juga sering diperbantukan penanganan banjir

Kepala Seksi Pencegahan Kebakaran, Pemberdayaan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, pelatihan yang diberikan meliputi teori penyelamatan dan praktek mengangkat korban tenggelam. Dalam pelatihan ini juga mereka diajari teknik penanganan penyelamatan korbannya. 

"Anggota Pramuka perlu dilatih penanganan korban bencana di air karena mereka juga sering diperbantukan penanganan banjir. Tentunya diharapkan mereka tidak ragu lagi dan mahir salam membantu penyelamatan korban bencana," kata Edi.

Petugas PPSU Dilatih Tanggulangi Kebakaran

Dalam pelatihan ini, pihaknya menurunkan tiga perahu karet. Secara bergantian, peserta dilatih secara bergilir dan berkelompok. Pelatihan berupa teknik penyelamatan korban yang sedang terbawa arus atau banjir. Ada yang mengangkat korban dari dalam air dan ada yang menariknya dari atas perahu karet.

Anggota Pramuka mempunyai kegiatan yang sebagian besarnya di luar rumah. Bahkan mereka juga kerap diterjunkan ke tengah masyarakat setiap ada peristiwa bencana banjir. Sehingga sudah sepatutnya team rescue Jakarta Timur memberikan pelatihan dan membekali anggota Pramuka dalam penanganan bencana banjir. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye804 personFolmer