You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ratusan Warga Pawai Obor Sambut Tahun baru Islam
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Warga Cilangkap Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam

Ratusan warga Cilangkap, Cipayung, menggelar pawai obor, Sabtu (1/10) malam. Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharam 1438 H.

Tahun baru ini tentunya harus diawali dengan hal-hal yang baik. Sehingga diharapkan ke depanya juga baik

Pantauan Beritajakarta.com, ratusan warga berkeliling kampung dengan berjalan kaki dan menggunakan sepeda motor. Sebagian dari mereka menggenggam obor atau lilin yang dipasang di sebuah pipa paralon. Tidak hanya orang dewasa, kaum remaja dan anak-anak pun membaur dalam arak-arakan.

Ribuan Warga Masih Padati Festival Ganceng

Pawai obor ini dilakukan secara bersamaan, mereka keluar dari setiap musala maupun masjid. Kemudian mereka menuju TPU Pondok Ranggon, menyatu dengan ratusan warga Pondok Ranggon. Setiap kelompok membawa spanduk dan bedug yang diarak menggunakan gerobak.

Spanduk sebagai simbol atau petunjuk setiap kelompok. Sedangkan bedug, ditabuh secara terus menerus di sepanjang jalan diiringi salawat, bertasbih atu menyanyikan puji-pujian. Rute yang dilintasinya antara lain, Jalan Raya Cilangkap, Basuki, Giri Kencana, Sepakat X, Cilangkap Baru hingga ke Jalan Raya Pondok Ranggon.

Ustad Muhtadin (42), salah satu tokoh agama di Cilangkap mengatakan, kegiatan pawai obor ini rutin dilakukan setiap tahun. Selain untuk syiar Islam juga untuk  meningkatkan ukhuwah Islam dan ajang silaturahmi warga. 

"Tahun baru ini tentunya harus diawali dengan hal-hal yang baik. Sehingga diharapkan ke depanya juga baik," kata Muhtadin.

Camat Cipayung, Iin Mutmainah mengatakan, dari Tahun Baru Islam ini juga diharapkan semua warganya akan semakin baik dalam menjalani kehidupan. Kesejahteraan meningkat, iman dan taqwa meningkat. Selain itu, juga diharapkan wilayahnya tetap kondusif karena warga hidup rukun dan saling gotong royong.

"Kita semua berharap dapat menjadi lebih baik. Meningkat iman taqwanya untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, lingkungan, masyarakat, negara dan bangsa," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2698 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2500 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2375 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2370 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2250 personTP Moan Simanjuntak