You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Taman Terminal Kalideres
Pasca arus mudik Lebaran, taman yang berada di Terminal Kalideres, Jakarta Barat mengalami kerusakan parah. Rumput di taman tersebut mati dan sejumlah pot bunga terlihat berserakan. Pasalnya, selama arus mudik, taman tersebut dimanfaatkan sebagai lo.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Taman Terminal Kalideres Rusak

Pasca arus mudik Lebaran, taman yang berada di Terminal Kalideres, Jakarta Barat mengalami kerusakan parah. Rumput di taman tersebut mati dan sejumlah pot bunga terlihat berserakan. Pasalnya, selama arus mudik, taman tersebut dimanfaatkan sebagai lokasi parkir sepeda motor akibat membeludaknya jumlah pemudik dan pengantar.

Sudah rutin, setiap arus mudik dan arus balik l ebaran, taman ini jadi lokasi parkir dadakan. Padahal di belakang terminal ada lokasi parkir cukup luas

Bardi (43), petugas kebersihan Terminal Kalideres menuturkan, selama seminggu menjelang Lebaran, taman tersebut dijadikan lokasi sepeda motor dadakan. Setiap hari ratusan unit sepeda motor diparkir di taman itu. Imbasnya rumput yang awalnya terlihat hijau dan asri menjadi mati. Belum lagi pot-pot bunga ikut rusak.

"Sudah rutin, setiap arus mudik dan arus balik Lebaran, taman ini jadi lokasi parkir dadakan. Padahal di belakang terminal ada lokasi parkir cukup luas," kata Bardi, Rabu (30/7).

Dinas Pertamanan Kerahkan Unit Patroli

Bardi menduga para pemudik dan pengantar enggan memarkirkan kendaraannya di belakang terminal lantaran agak jauh lokasinya. Akhirnya mereka memilih parkir di taman dengan membayar sewa parkir Rp 2.000 kepada oknum petugas terminal yang berjaga.

Kepala Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Joko Sukarno menuturkan, pihaknya bukan tidak merawat taman yang berfungsi sebagai penghijauan. Namun, kondisi itu disebabkan minimnya lokasi parkir di terminal.

"Kondisinya sementara memang semrawut, tapi nanti setelah arus balik selesai kami akan perbaiki tamannya," ujar Joko.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1197 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito