You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PT Jakpro Diminta Segera Realisasikan Pembangunan ITF Sunter
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Pembangunan ITF Sunter Diminta Segera Direalisasikan

Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mendesak PT Jakarta Propertindo (Jakpro) merealisasikan pembangunan proyek Intermediate Treatment Facilities (ITF) Sunter, Jakarta Utara. Mengingat, produksi sampah di Ibukota setiap harinya saat ini telah mencapai 6.000-7.000 ton.

Kita juga sudah usulkan ke Sekda dan Plt Gubernur agar segera membuat surat penunjukan kepada PT Jakpro untuk membangun ITF Sunter

"Kondisi sampah sudah gawat. Kita juga sudah usulkan ke Sekda dan Plt Gubernur agar segera membuat surat penunjukan kepada PT Jakpro untuk membangun ITF Sunter," kata Sarifudin, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/12).

Ia menuturkan, sampai saat ini pengelolaan sampah di Ibukota masih tergantung dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Imbasnya, pada 2016, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus mengeluarkan uang kompensasi mencapai Rp 315 miliar.

Nilai Investasi ITF Sunter Capai Rp 2,9 Triliun

"Uang kompensasi pastinya terus meningkat di tahun berikut. Untuk mengindari tekanan ini, kita meminta Jakpro segera merealisasikan penugasan dari Pemprov DKI untuk membangun ITF Sunter dan Marunda," ujarnya.

Menurut Sarifudin, sebagai pihak yang menerima mandat membangun ITF Sunter, PT Jakpro harus selektif mencari partner kerja. Khususnya dalam hal pengalaman, modal dan teknologi yang mumpuni.

"Pembangunan ITF Sunter tidak kunjung terealisasi karena mitra kerja tidak memiliki kemampuan baik teknologi dan permodalan," ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PT Jakpro, Satya Heragandhi menargetkan, pembangunan ITF Sunter dimulai dalam kurun waktu enam bulan ke depan.

"Nantinya ITF Sunter akan mengolah sampah sekitar 2.000 hingga 2.500 ton per hari," jelasnya.

Satya menambahkan, dalam proyek itu, pihaknya akan menggandeng Badan dan Penerapan Teknologi (BPPT) terkait teknokogi yang akan dibangun di ITF Sunter.

"Pastinya, kami tidak akan mengandeng mitra kerja yang tidak berkompeten membangun ITF. Kami tidak mau ambil risiko. Persyaratan sangat ketat," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1101 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye990 personAldi Geri Lumban Tobing