You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Penyebab Kebakaran Bus Transjakarta di BNN
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Ini Penyebab Bus Transjakarta Terbakar di BNN

Jajaran direksi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah selesai mengindentifikasi kasus terbakarnya bus merk Ankai di dekat Halte Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Bus yang terbakar itu terindikasi sebagian wiring (perkabelan) tidak sempurna

Dari hasil identifikasi diketahui, bus Transjakarta tersebut terbakar akibat permasalahan perkabelan di bagian dashboard.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan dalam identifikasi kasus ini, pihaknya

Layanan Transjakarta Tak Terganggu Penyetopan 30 Bus

menggandeng beberapa pihak. Di antaranya Indonesia Infrastructure Initiative (INDII), produsen Ankai dan sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM).

"Bus yang terbakar itu terindikasi sebagian wiring (perkabelan) tidak sempurna. Ada satu sambungan kabel yang mengakibatkan arus pendek," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/12).

Budi melanjutkan, di seluruh bus gandeng merk Ankai juga terdapat pemanas ruangan. Padahal sistem pemanas itu tidak umum dipakai pada bus-bus di Indonesia. "Memang harus ada peninjauan ulang terhadap bus gandeng merk Ankai ini," ujarnya.

Menurut Budi, setelah kejadian tersebut, pihaknya langsung menarik seluruh bus dengan merk yang sama, baik gandeng maupun single. Total bus yang ditarik yakni 66 unit terdiri dari 30 bus gandeng dan 36 bus tunggal.

Ia menekankan, kasus seperti ini hanya terjadi pada bus gandeng dan tidak ditemukan pada bus tunggal. Selain bus merk Ankai, pihaknya juga memeriksa bus merk Zhong Tong dan Yu Tong, namun tidak ditemukan masalah serupa. "Pemeriksaan terhadap semua armada ini sebagai langkah preventif. Kami cek wiring di bus lainnya," ucapnya.

Budi menambahkan, khusus untuk 66 unit bus merk Ankai belum bisa dioperasikan hingga beberapa bulan ke depan. Karena akan dilakukan perbaikan pada bagian perkabelan. "Kira-kira butuh waktu satu sampai dua bulan ke depan," tandasnya.

Seperti diketahui pada 1 Desember 2016 lalu, bus Transjakarta dengan nomor body 054 bermerk Ankai tiba-tiba terbakar di dekat halte BNN. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1301 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1259 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1210 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1095 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye833 personFolmer