You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Masih Tinggi
By Jhon Syah Putra Kaban / ??? Thursday, 7 August 2014 11:48:36 .
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Bulan Depan Harga Sembako Diprediksi Naik

Harga bahan pokok bulan depan diprediksi merangkak naik, seiring pemberlakuan  peraturan baru berupa pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10 persen terhadap hasil pertanian untuk bahan baku makanan dan minuman serta pembatasan pembelian solar bersubsidi.

Kemungkinan memang naik. Kita tahu pengusaha pasti menghitung secara cermat dengan membandingkan harga jual dengan biaya produksi

Pasalnya, selama ini pengusaha sudah mengeluarkan sekitar 5-8 persen biaya dari beban usaha. Dari angka tersebut, hampir 50 persennya dipakai untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM). Jika terjadi pembatasan terhadap BBM bersubsidi, maka ada kemungkinan pelaku usaha akan mendongrak harga jual kebutuhan pokok.

Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Barat, Slamet Widodo menuturkan, harga kebutuhan pokok diprediksi terus naik bulan depan. Apalagi pelaku usaha dalam menentukan harga jual memiliki banyak pertimbangan, salah satunya membandingkan harga jual dengan biaya produksi.

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak Tajam

"Kemungkinan memang naik. Kita tahu pengusaha pasti menghitung secara cermat dengan membandingkan harga jual dengan biaya produksi," kata Slamet, Sabtu (9/8).

Terkait besaran kenaikan harga bahan pokok, kata Slamet, akan ditentukan oleh mekanisme pasar, yaitu  berapa permintaan dan penawaran yang dibutuhkan masyarakat. "Jika terjadi kenaikan harga, besarnya akan ditentukan oleh mekanisme pasar sesuai dengan supply and demand dari masyarakat," tukasnya.

Diakui Slamet, pihaknya hanya bertugas memantau dan mengawasi perkembangan harga di pasar. Sementara untuk kebijakan menentukan harga berdasarkan inflasi dan  pemberian subsidi itu adalah kebijakan dari pemerintah pusat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2688 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2312 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2212 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1932 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1269 personAnita Karyati