You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tekan Volume Sampah, Cipete Utara Bangun 8 Bank Sampah
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Delapan RW di Cipete Utara Punya Bank Sampah

Dari 11 jumlah RW di Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, delapan diantaranya sudah memiliki bank sampah. Diharapkan, bank sampah ini bisa mengurangi  volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. 

Setiap harinya, warga wajib menyetorkan sampah yang bisa didaur ulang dan dijual kembali.

Lurah Cipete Utara, Mohammad Yohan mengatakan, setiap harinya tercatat sekitar 20 ton sampah di wilayahnya yang dibuang ke TPST Bantar Gebang. Dengan adanya bank sampah ini, ditargetkan 10 persen volume sampah yang dibuang bisa berkurang. 

Jakpus Gencarkan Bank Sampah di Sekolah

"Kami mengajak warga untuk membentuk bank sampah di delapan RW. Awalnya hanya ada tiga bank sampah. Namun belakangan ini, selama tujuh bulan saya menjadi Lurah Cipete Utara, sudah ada lima bank sampah baru lagi,” papar Yohan, Selasa (31/1).   

Disebutkan Yohan, delapan bank sampah di wilayahnya masing-masing adalah, Bank Sampah Kober RW 06, Bank Sampah Karwa RW 03, Bank Sampah Citra Antasari RW 09, Bank Sampah Suka Damai RW 04, Bank Sampah Kirai Mandiri RW 0, Bank Sampah Sawo RW 02, Bank Sampah Saraswati RW 07 dan Bank Sampah Reformasi RW 08.

 

Dia menambahkan, di bank sampah terdapat banyak barang bekas yang memiliki nilai ekonomi. Seperti botol plastik, kardus, kertas koran dan sebagainya. Rata-rata dalam sepekan setiap bank sampah mampu mengumpulkan satu hingga dua ton sampah yang bisa dijual ke pengepul.

"Setiap harinya, warga wajib menyetorkan sampah yang bisa didaur ulang dan dijual kembali. Hasil penjualannya akan masuk ke rekening masing-masing warga. Upaya ini dilakukan untuk mengajak warga dalam mengatasi sampah, sekaligus meningkatkan ekonomi mereka," tandasnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1244 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1234 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1178 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1142 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1066 personNurito