You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
TPU Kapuk Teko
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemindahan Makam Kapuk Teko Molor

Pemindahan ribuan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kapuk Teko, Cengkareng, Jakarta Barat, yang semula ditargetkan selesai pada bulan September dipastikan molor. Pasalnya, pihak Suku Dinas Pemakaman Jakarta Barat masih menunggu proses pencairan anggaran yang diajukan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2014 (APBD-P).

Rencananya pemindahan makam akan tuntas September ini. Tapi, karena anggarannya sampai saat ini tak kunjung cair, maka kami targetkan pertengahan Desember makam tersebut dipindahkan

Kasie Angkutan Pemakaman dan Pemulasaran Jenazah, Sudin Pemakaman Jakarta Barat, Nasrun Lubis mengatakan, pihaknya belum mengetahui kapan pemindahan 3.810 makam di TPU Kapuk Teko ke TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat bisa dilakukan. Sebab, pihaknya masih menunggu pencairan anggaran sebesar Rp 5 miliar yang diajukan dalam APBD-P.  Untuk melakukan pemindahan makam, pihaknya membutuhkan waktu sekitar 90 hari.  

“Rencananya pemindahan makam akan tuntas September ini. Tapi, karena anggarannya sampai saat ini tak kunjung cair, maka kami targetkan pertengahan Desember makam tersebut dipindahkan,” ujar Nasrun, Selasa (19/8).

3.810 Makam di Kapuk Teko Bakal Dipindahkan

Mengenai banjir yang kembali menggenangi makam tersebut, menurut Nasrun, bukan lantaran pihaknya lambat atau kurang melakukan koordinasi. Saat TPU kering bulan Mei 2014 lalu, pihaknya tengah melakukan pendataan dan membuka pendaftaran bagi ahli waris yang mengenali makam untuk kemudian dipindahkan.

Hingga pendaftaran ditutup pada 4 Agustus lalu, lanjut Nasrun, pihaknya mencatat sedikitnya 20 persen atau sekitar 300 ahli waris makam dan ingin dipindahkan. Sisanya, dimasukkan dalam kategori tidak dikenal dan terpaksa dipindahkan secara massal. Namun, untuk teknisnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kalau dibilang cuma-cuma tidak juga, sebab saat kering kemarin kami pastikan jika makam itu masih ada dan harus dipindahkan. Namun karena anggarannya belum ada ya kami terpaksa harus menunggu. Kami kan bukan seperti Sudin PU yang memiliki dana tanggap darurat,” jelas Nasrun.

Seperti diketahui, anggaran sebesar Rp 500 juta dan ratusan tenaga dikerahkan untuk melakukan pengeringan di Kampung Apung, Kelurahan Kapuk. Namun, dana dan tenaga tersebut terkesan sia-sia lantaran saat ini TPU Kapuk Teko kembali terendam.  

Pada April hingga Mei 2014 lalu, Suku Dinas PU Air Jakarta Barat telah membersihkan sampah dan melakukan pengeringan di wilayah seluas 2 hektare yang merendam 200 rumah dan 3.810 makam di RW 01 dengan anggaran swakelola sekitar Rp 500 juta. Namun, setelah kering dan 3.810 makam terlihat, Suku Dinas Pemakaman tidak segera memindahkan dengan alasan belum ada anggaran.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2065 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1176 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1030 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye866 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sebagian Jakarta Hari Ini

    access_time11-09-2024 remove_red_eye819 personAnita Karyati