You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pajak menurun ilustrasi
.
photo doc - Beritajakarta.id

Penerimaan PBB Jaksel Menurun

Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah Jakarta Selatan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bagaimana tidak, dari data terakhir yang dimiliki Sudin Pelayanan Pajak Jakarta Selatan penerimaan PBB baru mencapai Rp 450 miliar dari target Rp 2,1 triliun.

Memang masih agak jauh dari persentase tahun lalu. Tapi ini masih ada waktu sekitar tujuh hari untuk digenjot penarikan PBB-nya

"Kalau penerimaan terakhir itu sekitar Rp 450 miliar dari target keseluruhan untuk Jakarta Selatan Rp 2,1 triliun," ujar W Purba, Kepala Sudin Pelayanan Pajak I Jakarta Selatan, Rabu (20/8).

Padahal, kata Purba, untuk periode yang sama di tahun lalu, Jakarta Selatan menerima 70 persen dari jumlah yang diterima saat ini. "Memang masih agak jauh dari persentase tahun lalu. Tapi ini masih ada waktu sekitar tujuh hari untuk digenjot penarikan PBB-nya," katanya.

Jumlah Wajib Pajak Online Masih Minim

Meski belum tahu secara pasti penyebab merosotnya penerimaan PBB tahun ini, namun Purba berasumsi hal ini disebabkan kenaikkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah di Jakarta. "Kemungkinan karena kenaikkan NJOP, jadi masyarakat agak keberatan membayarnya dan minta keringanan," tuturnya.

Terkait ini, Walikota Jakarta Selatan, Syamsuddin Noor berjanji akan bekerja keras untuk meningkatkan penerimaan PBB sebelum jatuh tempo 28 Agustus mendatang. "Kita pasti akan kerja maksimal untuk menggenjot penerimaan PBB sebelum jatuh tempo. Akan dilakukan sistem jemput bola, atau door to door ke wajib pajak yang ada," tuturnya.

Karena, lanjut Syamsuddin, potensi penerimaan di Jakarta Selatan sangat besar. "Di sini hotel saja ada 92 dan 35 mal, belum gedung-gedung perkantoran. Jadi sangat besar potensinya, tinggal kita memaksimalkan kinerja," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2695 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2497 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2371 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2367 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2246 personTP Moan Simanjuntak