You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
atas kanopi balaikota
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Pelapis Dinding Ambruk Tak Timbulkan Kerusakan Parah

Pelapis dinding (fased) di gedung Blok G Balaikota DKI Jakarta, lepas dan ambruk, Kamis (28/8) sore. Namun, bagian yang terlepas tersebut tidak menyatu dengan tembok bangunan. Tidak ada kerusakan parah pada struktur bangunan Blok B yang tertimpa fased. Pemasangan fased tersebut merupakan proyek retrofit green building yang dilakukan pada tahun anggaran 2010-2011.

Jadi, yang runtuh bukan bangunannya, melainkan structur clading yang ada di luar. Fased ini berguna untuk arsitektural dan pencahayaan. Bahannya terbuat dari aluminium

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah (Pemda) DKI Jakarta, Yonathan Pasodung mengatakan, bagian yang runtuh pada gedung Blok G Balaikota Jakarta adalah pelapis dinding bagian luar. Sehingga, bagian tersebut tidak menyatu dengan bagian utama, dalam hal ini tembok bangunan.

"Jadi, yang runtuh bukan bangunannya, melainkan structur clading yang ada di luar. Fased ini berguna untuk arsitektural dan pencahayaan. Bahannya terbuat dari aluminium," kata Yonathan usai bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota Jakarta, Kamis (28/8).

Pelapis Dinding Gedung Blok G Balaikota Ambruk

Diakui Yonathan, reruntuhan fased gedung menimpa Blok B, yang merupakan tempat Basuki berkantor. Namun, dipastikan tak ada kerusakan yang parah pada struktur bangunan tersebut. "Struktur bangunan Blok B ini bagus. Jadi, atapnya saja yang rusak karena tertimpa reruntuhan (fased) dari atas," ujarnya.

Pihaknya, lanjut Yonathan, akan berkoordinasi dengan PT Jaya Konstruksi selaku kontraktor yang memasang pelapis dinding untuk memperbaikinya. Masa perawatan fased memang telah selesai, karena hanya berlaku beberapa saat saja. Sementara pemasangan tersebut sudah berjalan selama hampir tiga tahun.  "Nanti kami koordinasi dengan PT Jaya Konstruksi untuk memperbaiki (bagian yang rusak)," katanya.

Seperti diberitakan, fased gedung Blok G Balaikota Jakarta ambruk pada Kamis sore sekitar pukul 16.20. Gedung tersebut tepat berdampingan dengan kantor Basuki. Akibatnya, reruntuhan fased menimpa genting yang berada diruangan Basuki. Saat peristiwa terjadi terdengar suara gemuruh yang keras sehingga menimbulkan kepanikan para pegawai negeri sipil (PNS). Para PNS pun berhamburan keluar kantor seketika itu. Hal tersebut juga dilakukan oleh Basuki bersama dengan tamu dan para ajudannya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1134 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1011 personAldi Geri Lumban Tobing