You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Realisasi Penyerapan Anggaran Dinkes DKI Capai Rp 6,84 Triliun
.
photo doc - Beritajakarta.id

Realisasi Serapan Anggaran Dinkes DKI Capai Rp 6,84 Triliun

Realisasi penyerapan anggaran Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tahun 2016, tercatat mencapai Rp 6,84 triliun atau sekitar 83,48 persen dari total anggaran sebesar Rp 8,2 triliun. 

Besaran anggaran yang tidak terserap bukan karena program tidak terealisasi

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Koesmedi Prihartono mengatakan, tidak terserapnya anggaran secara maksimal antara lain disebabkan efisensi saat belanja anggaran dan pembangunan lanjutan sejumlah puskesmas, karena belum adanya rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan DKI Jakarta.  

Komisi E DPRD DKI Apresiasi Progam KPLDH

"Efisiensi anggaran e-budgeting saat kami membelanjakan menggunakan e-catalog ternyata harganya turun drastis," kata Koesmedi saat menjawab pertanyaan anggota Komisi E DPRD DKI saat rapat kerja bersama, Selasa (25/7). 

Ia mengatakan, penghematan anggaran rumah sakit maupun puskesmas di Ibukota sangat besar karena proses penggunaan dana melalui sistem e-catalog

"Jadi, besaran anggaran yang tidak terserap bukan karena program tidak terealisasi, namun penggunaan anggaran belanja melalui sistem e-catalog," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Koesmedi, adanya proyek rehab lanjutan beberapa puskesmas di Ibukota  yang tidak bisa direalisasikan karena belum adanya rekomendasi dari audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  perwakilan DKI Jakarta. 

"Anggaran lanjutan proyek rehab puskesmas terpaksa dikembalikan karena hingga akhir anggaran tidak dilakukan proses lelang," katanya. 

Paparan Koesmedi ini, menjawab pertanyaan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Johan Musyawa, yang menyayangkan tidak terealisasinya proses pembangunan Puskesmas Kecamatan Makasar, Jakarta Timur di akhir 2016 karena persoalan belum adanya rekomendasi BPK.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1218 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1103 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1044 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye863 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye782 personBudhi Firmansyah Surapati