You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Siap Dukung Kampanye Bulan Kepedulian Kanker Payudara
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

DKI Dukung Kampanye Bulan Kepedulian Kanker Payudara

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, akan mendukung pelaksanaan Bulan Kepedulian Kanker Payudara, Oktober mendatang. Sebagai simbol kepedulian, rencananya Monumen Nasional (Monas) dan Flyover Simpang Susun Semanggi akan disoroti lampu berwana pink selama satu bulan.

Kami juga punya videotron yang bisa untuk sosialisasi kepada masyarakat

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyatakan, selain itu, pemprov juga ingin melaksanakan sosialisasi dan pelatihan deteksi dini kanker payudara bagi pengelola Ruang Publik Ramah Anak (RPTRA) serta kader Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK).

150 Warga Deteksi Dini Kanker Serviks di Puskesmas Cakung

Dengan dibekali pengetahuan serta pelatihan deteksi dini, Djarot berharap pengelola RPTRA dan kader PKK bisa turut mensosialisasikan pada masyarakat. Sehingga penderita kanker bisa terdeteksi sedini mungkin sebelum penyakitnya mencapai stadium lanjut.

"Kami juga punya videotron yang bisa untuk sosialisasi kepada masyarakat. Nanti dibuat saja dan dikirim ke kami materinya untuk ditayangkan," ucap Djarot, Rabu (30/8).

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar menambahkan, selama ini lembaganya lebih fokus pada program promotif dan preventif. Untuk melakukan pemeriksaan, pihaknya memiliki satu unit mobil mamografi keliling melakukan jemput bola.

Dia mengungkakan, selama ini pihaknya bekerja sama dengan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan ruang RPTRA untuk memberikan pemriksaan gratis kepada warga.

"Dari pemeriksaan selama Januari-Juli 2017 terhadap sekitar 1.300 orang lebih, sekitar 14,67 persennya mengidap kanker jinak dan sekitar 1,5 persen kanker ganas," ungkapnya. 

Menurut Linda, penderita kanker payudara seperti fenomena gunung es. Diperkirakan, jumlah penderita yang tidak menyadari dirinya terserang kanker lebih banyak dari yang sudah terdeteksi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1097 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye988 personAldi Geri Lumban Tobing