You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PT Transjakarta Buka Peluang Bagi Operator Baru Transjakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

PT Transjakarta Beri Kesempatan Bagi Operator Baru

PT Transjakarta selaku pengelola bus Transjakarta memberikan kesempatan kepada operator bus baru yang berniat bergabung dan mengoperasikan armada bus Transjakarta. Operator baru yang berminat harus memenuhi sejumlah persyaratan, salah satunya memiliki izin trayek.

Salah satu syaratnya mengantongi izin trayek pengoperasian bus. Operator yang usia teknis kendaraannya bisa sampai 15 tahun juga dapat kontrak

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar menjelaskan, pihaknya bersama PT  Transjakarta akan menyiapkan sejumlah persyaratan dan juga Standar Pelayanan Minimum (SPM) bagi operator bus baru yang ingin bergabung menjadi operator bus Transjakarta.

"Salah satu syaratnya mengantongi izin trayek pengoperasian bus. Operator yang usia teknis kendaraannya bisa sampai 15 tahun juga dapat kontrak," katanya, Jumat (12/9).

Bus Transjakarta yang Terbakar di Al Azhar Buatan China

Akbar melanjutkan, berdasarkan rapat bersama jajaran Direksi PT Transjakarta, komposisi operator bus Transjakarta nanti akan dibagi 50:50 antara operator lama dengan operator baru.

"Hitungannya 50:50. Misalnya dalam satu koridor ada 1.000 operator, 50 persen untuk operator lama dan 50 persen lagi dari operator baru," jelasnya.

Ia menjelaskan, operator bus Transjakarta yang lama nantinya akan dipilih melalui penunjukan langsung. Sedangkan bagi operator bus baru, dipilih melalui mekanisme lelang.

Akbar menerangkan, berdasarkan SPM, operator armada bus Transjakarta harus mengatur performa bus dan jarak waktu antar kendaraan atau headway.

Menurut Akbar, operator lama maupun baru yang ditunjuk menjadi operator bus Transjakarta harus memenuhi syarat PT Transjakarta mulai dari kualitas, servis teknis, dan sebagainya. "Urusan bus Transjakarta, Pemprov tugaskan PT Transjakarta untuk mengoperasikan dan bekerjasama dengan operator," ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini armada baru bus Transjakarta sedang dalam proses lelang. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilakukan penandatanganan kontrak. Tahun depan, sudah ada armada baru sekitar 600 unit," tukasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1097 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye988 personAldi Geri Lumban Tobing