You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 50 Ton Sampah Diangkut dari Cengkareng
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

50 Ton Sampah Diangkut dari Cengkareng

Musibah banjir yang kerap melanda pemukiman warga di RW 10, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat salah satunya disebabkan saluran air di wilayah itu tersumbat oleh sampah. Bagaimana tidak, kondisi saluran air di 19 RT di wilayah itu kini sudah dangkal akibat dipenuhi lumpur dan sampah.

Aksi bersih-bersih ini dimaksudkan untuk mengurangi banjir di wilayah RW 10. Sebab, mayoritas saluran air sudah dangkal akibat dipenuhi sampah dan lumpur,

Tak mau wilayahnya terus menjadi langganan banjir, ratusan warga dibantu petugas Suku Dinas Kebersihan setempat melakukan aksi bersih-bersih, Minggu (14/9). Hasilnya, sebanyak 50 ton sampah yang menumpuk di lingkungan rumah susun (Rusun) Bulak Wadon dan di saluran air berhasil diangkut.

“Aksi bersih-bersih ini dimaksudkan untuk mengurangi banjir di wilayah RW 10. Sebab, seluruh saluran air sudah dangkal akibat dipenuhi sampah dan lumpur," ujar Wahyu Widyastuti, Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat.

Dua Sungai di Jaktim Mengalami Pendangkalan.

Sebanyak lima unit truk sampah dikerahkan dalam aksi bersih-bersih tersebut. Sampah yang sudah diangkat dari saluran air dimasukkan ke dalam karung dan kemudian dinaikkan ke truk untuk dibuang ke TPST Bantar Gebang, Bekasi.

Usai melakukan kerja bakti, kata Widyastuti, pihaknya menempatkan dua buah kontainer sampah agar warga tidak membuang sampah sembarangan. "Kami juga menginstruksikan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah dua hari sekali agar sampah tidak menumpuk," ungkapnya.

Kegiatan bersih-bersih ini, lanjut Widyastuti, juga akan dilakukan di wilayah lainnya. "Kami ingin seluruh saluran air dan lingkungan warga di Jakarta Barat bersih dari sampah," tandasnya.

Ketua RW 10, Kelurahan Cengkareng Barat, Rasudin, mengatakan, banjir yang kerap melanda wilayahnya dipicu oleh kondisi saluran air yang dipenuhi sampah dan lumpur sehingga menghambat aliran air ke Kali Apuran.

"Setiap musim hujan, wilayah kami selalu tergenang setinggi 80 sentimeter hingga satu meter," ujarnya.

Agar wilayahnya terbebas dari banjir, dia meminta Pemkot Jakbar mengeruk saluran air dan membuat sodetan dari perbatasan wilayah RW 12, Kelurahan Cengkareng Barat dan RW 02, wilayah Jakarta Utara.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1226 personTP Moan Simanjuntak
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1216 personFolmer
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1156 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1145 personAnita Karyati
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye945 personNurito