You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Rusun Marunda Panen Sayur Hingga 40 Kg
.
photo Erna Martiyanti - Beritajakarta.id

Warga Rusun Marunda Panen Sayur Hingga 40 Kilogram

Program pertanian kota atau urban farming yang dikembangkan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mulai menunjukan hasil.

Sayuran yang dipanen kemarin mencapai 40 kilogram. Hasilnya ada yang langsung dijual dan dikonsumsi sendiri oleh warga,

Salah satu buktinya bisa dilihat di Rusun Marunda, Jakarta Utara. Di areal rusun tersebut, warga berhasil memanen sayuran hingga sebanyak 40 kilogram.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Diah Meidiantie mengatakan, ada tiga jenis sayuran yang dipanen di Rusun Marunda yakni bayam, kangkung dan terong. Hasil panen ini merupakan buah dari kerja keras warga yang memanfaatkan lahan tidur di sekitar rusun menjadi tempat bercocok tanam.

Warga Penerima Rak Hidroponik Mulai Semai Bibit Tanaman

"Sayuran yang dipanen kemarin mencapai 40 kilogram. Hasilnya ada yang langsung dijual dan dikonsumsi sendiri oleh warga," ujarnya, Kamis (7/12).

Diah menjelaskan, selama ini pihaknya mendorong warga untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada. Setidaknya ada dua lokasi di Rusun Marunda yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian. Lokasi pertama di di Kluster D dengan lahan pertanian kurang lebih 800 meter. Sementara lokasi kedua di Kluster A seluas kurang lebih 800 meter.

"Kemarin kami lakukan monitoring sekaligus panen sayur kangkung, bayam hijau dan bayam merah di Rusun Marunda Kluster D. Sedangkan di Kluster A kita panen terong," jelasnya.

Ia berharap, program pertanian kota ini bisa diikuti warga di rusun lainnya dengan memanfaatkan lahan tidur. Sehingga urban farming di Ibukota ke depan dapat terus berkembang.

"Kami harap ini bisa jadi semangat lagi bagi warga rusun lainnya agar dapat memanfaatkan lahan tidurnya untuk digunakan sebagai lahan pertanian," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1826 personNurito
  2. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1825 personAnita Karyati
  3. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1820 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1789 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1738 personAnita Karyati