You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
armada_trans_baru_bayu.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Ahok Tolak Lunasi Pengadaan Transjakarta Berkarat

Pemprov DKI Jakarta tidak akan membayar sisa tagihan pengadaan bus Transjakarta berkarat. Bahkan, terkait hal ini Pemprov DKI siap menghadapi gugatan di pengadilan yang akan dilayangkan pihak pemenang tender pengadaan bus Transjakarta 2013.

gugat saja di pengadilan. Kalau kami kalah, baru kami bayar. Justru kami itu menyelamatkan uang negara

"Kalau (perusahaan vendor) mau menggugat, gugat saja di pengadilan. Kalau kami kalah, baru kami bayar. Justru kami itu menyelamatkan uang negara," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota, Selasa (30/9).

Keyakinan Ahok, sapaan akrab Basuki, menolak pembayaran pengadaan bus Transjakarta 2013 itu kian bertambah saat sejumlah bus lainnya mogok dan terbakar di sejumlah ruas jalan ibu kota.

Jokowi Nilai Pengadaan Bus Transjakarta Sudah Benar

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo bersama dirinya menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk membeli bus dengan kualitas terjamin.

"Sekarang siapa yang terima barang jelek begitu? Mesinnya sudah karatan, spionnya copot, belum ada setahun beli pakai acara kebakaran lagi di Al-Azhar. Kalau kayak gitu, kan mengerikan," katanya.

Dikatakan Ahok, Pemprov DKI baru membayar sebesar 20 persen dari jumlah total pengadaan yang mencapai Rp 1,5 triliun. "Tidak ada dasar peraturan yang mewajibkan Pemprov DKI melunasi paket pengadaan sebanyak 531 unit bus itu," tegasnya.

Sekadar diketahui, kasus pengadaan bus Transjakarta yang berkarat ini menyeret mantan Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono menjadi tersangka.

Selain Pristono, Kejaksaan Agung (Kejagung) juga menahan tersangka lainnya yakni, Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Prawoto serta mantan Sekretaris Dishub DKI Drajat Adhiyaksa.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1108 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye876 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye786 personBudhi Firmansyah Surapati