You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
3 Daging Sapi di Jakpus Mengandung Cacing Pita
Ratusan petugas dikerahkan untuk memeriksa kesehatan daging hewan kurban di 156 tempat penyembelihan hewan kurban di Jakarta Pusat. Dalam pemeriksaan, petugas menemukan tiga ekor sapi yang hatinya mengandung cacing pita..
photo Rio Sandiputra - Beritajakarta.id

3 Sapi di Jakpus Mengandung Cacing Pita

Ratusan petugas dikerahkan untuk memeriksa kesehatan daging hewan kurban di 156 tempat penyembelihan hewan kurban di Jakarta Pusat. Dalam pemeriksaan, petugas menemukan tiga ekor sapi yang hatinya mengandung cacing pita.  

Petugas yang di sebar di delapan Kecamatan dan masing-masing kecamatan ada 15 petugas yang mengecek langsung

Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat, Ishom Setiawan, mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 115 petugas pemeriksa yang terdiri dari 43 petugas dari sudin, 45 mahasiswa kedokteran Institut Pertanian Bogor, 4 petugas Kementerian Pertanian, 4 daro Persatuan Dokter Hewan, dan 19 petugas dari Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.  

"Petugas yang disebar di delapan kecamatan dan masing-masing kecamatan ada 15 petugas yang mengecek langsung," ujar Ishom kepada beritajakarta, Minggu (5/10).

33.741 Ekor Hewan Kurban Diperiksa Kesehatan

Dikatakan Ishom, setelah disembelih, petugas akan melakukan pengecekan daging kurban seperti hati hewan mengandung cacing pita atau tidak, kemudian paruh membengkak atau mengeras.

"Sampai saat ini kami temukan ada tiga sapi yang terkena sakit cacing hati dan paruhnya keras, dua sapi ditemukan di pemotongan hewan di Perkantoran BNI Petamburan, Slipi dan satu di Kantor BPK di Jalan Gatot Subroto," ujarnya.

Selain itu, tambah Ishom, pihaknya mengimbau tidak membungkus daging hewan kurban menggunakan kantong plastik berwarna hitam.  

"Kami mengimbau kemasan daging kurban menggunakan plastik bening dan melarang  penggunaan plastik hitam, karena ada indikasi pembuatannya menggunakan bahan daur ulang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye872 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati