You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Canangkan Panganan Aman di 69 Pasar Rakyat
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Canangkan Panganan Aman di 69 Pasar Rakyat

Berlokasi di Pasar Koja Baru, Koja, Jakarta Utara, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, Jumat (6/4), mencanangkan pangan aman pada 69 pasar rakyat di seluruh Ibukota.  

Saya apresiasi kerjasamanya membantu masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang sehat.

Dikatakan Saefullah, produk pangan yang dijual di 69 pasar rakyat tersebut sudah dinyatakan bebas dari kandungan zat bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan rhodamin.

Dinas KPKP Sidak Pangan Aman di Lima Pasar di Jakarta Utara

Dia mengapresiasi kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dam Pertanian (KPKP), Pasar Jaya dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di DKI Jakarta yang terus melakukan pemantauan panganan di 69 pasar rakyat tersebut. Diharapkannya, seluruh pasar rakyat yang berjumlah 113 bisa segera menyusul aman dari panganan berbahaya.

"Saya apresiasi kerjasamanya membantu masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang sehat. Kalau sehat,  banyak manfaat yang bisa diraih," katanya.

Menurut Saefullah, jaminan keamanan panganan di pasar rakyat amat penting untuk menjamin kesehatan masyarakat. Sebab, pasar rakyat masih menjadi lokasi primadona berbelanja bagi sebagian besar warga Jakarta.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengungkapkan, pihaknya sejak dua tahun lalu sudah melakukan pemantauan terhadap sejumlah bahan pangan seperti ikan, sayur mayur dan makanan olahan. Pemantauan dilaksanakan di 154 lokasi yang terdiri pasar tradisional, pasar modern, pasar sentra perikanan, pertanian dan lokasi binaan.

"113 di antaranya merupakan pasar rakyat. Dari jumlah itu 69 pasar sudah aman," ujarnya.

Dikatakan Jaja, sapaan Darjamuni, selama ini pihaknya rutin melakukan pengawasan dengan mengirim tim pemeriksaan ke sejumlah lokasi setiap harinya. Petugas tersebut melakukan uji labotarium terhadap sampel panganan di masing-masing pasar.

"Kita punya enam mobil lab yang disebar ke sejumlah lokasi. Target kita akhir 2018 ini seluruh pasar rakyat sudah bebas panganan berbahaya," tandasnya.

Sebagai informasi, lokasi pasar aman panganan itu di antaranya, Pasar Koja Baru, Pasar Lontar, Pasar Serdang, Pasar Glodok, Pasar Santa dan Pasar Cibubur.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. DKI Antisipasi Turunnya Kualitas Udara Jelang Kemarau

    access_time07-05-2024 remove_red_eye3596 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3273 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 40 PPSU Bersihkan Sampah di Pinggir Kali Angke

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2963 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye2901 personNurito
  5. Sudinsos Jakbar Salurkan Bantuan Logistik Penyintas Kebakaran Kapuk

    access_time07-05-2024 remove_red_eye2796 personTP Moan Simanjuntak