You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pmks kampung melayu
.
photo doc - Beritajakarta.id

Sudin Sosial Jaktim Kewalahan Hadapi PMKS

Gencarnya penertiban yang dilakukan petugas Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Timur tak juga membuat kolong Flyover Kampung Melayu, Jatinegara steril dari penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Bahkan, jumlah mereka dari hari ke hari semakin bertambah.

Kendala selama ini, mereka PMKS paham seluk beluk wilayah. Selain itu razia diduga sering bocor sehingga setiap dilakukan penertiban, hanya 1 atau 2 PMKS yang terjaring

Pantauan beritajakarta.com, hampir setiap sore, sekitar 100 PMKS mulai dari pemulung, pedagang asongan, pengemis, pengamen, dan gelandangan berkumpul hingga ada yang menginap di sisi timur kolong flyover Terminal Kampung Melayu. Puluhan gerobak PMKS juga terlihat diparkir di tempat tersebut.

Kolong Flyover Kampung Melayu untuk Taman Interaktif

Bahkan, kolong flyover Kampung Melayu juga dijadikan tempat penampungan barang bekas milik pemulung. Mulai dari kardus, plastik, hingga botol bekas air mineral. Kondisi ini menjadikan kawasan tersebut terlihat kumuh dan menebar bau tak sedap.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Masyudi, mengaku kewalahan menghadapi PMKS di kolong flyover Kampung Melayu tersebut. Pasalnya, setiap dilakukan penertiban, hasilnya hanya 1-2 PMKS yang berhasil diamankan. Ia menduga razia yang dilakukan pihaknya telah bocor terlebih dulu. Belum lagi PMKS yang memahami seluk beluk wilayah ini sehingga sulit ditangkap karena mereka kabur ke perkampungan padat penduduk saat ditertibkan.

"Kendala selama ini, mereka PMKS paham seluk beluk wilayah. Selain itu, diduga razia sering bocor sehingga setiap dilakukan penertiban, hanya 1 atau 2 PMKS yang terjaring," ujar Masyudi, Selasa (28/10).

Menurutnya, banyaknya PMKS di kolong flyover Kampung Melayu itu disebabkan keberadaan  Terminal Kampung Melayu, Tempat Pembuangan Sampah (TPS), dan kolong flyover tidak dipagar. Ia optimis jika TPS itu dipindahkan, kolong flyover ini bisa bebas dari PMKS. Sebab ia melihat, selama ini TPS ini dijadikan sebagai tempat mata pencaharian pemulung maupun PMKS lainnya. "PMKS itu bisa berkurang kalau TPS itu ditutup. Apalagi dekat dengan terminal dan fasilitas penerangan juga minim," ungkapnya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1217 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1101 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1043 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye850 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati