You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Besok, Ahok Dilantik Jadi Gubernur di Istana
Besok, Ahok Dilantik Jadi Gubernur di Istana .
photo doc - Beritajakarta.id

Ahok Dilantik Jokowi di Istana Besok

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, akan menjadi gubernur pertama yang dilantik Presiden Joko Widodo. Rencananya, pria yang akrab disapa Ahok itu akan dilantik Jokowi menjadi orang nomor satu di ibu kota, di Istana Negara, Rabu (19/11) besok.

Rencananya, besok pelantikannya jam 2 siang di Istana, kan di ibu kota

"Rencananya, besok pelantikannya jam 2 siang di Istana, kan di ibu kota," kata Basuki, saat meninjau sodetan Kampung Pulo, Jakarta Timur, Selasa (18/11).

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, gubernur dilantik oleh presiden. Sehingga Basuki, menjadi gubernur pertama yang dilantik oleh Jokowi. Aturan tersebut tercantum dalam pasal 163 Perppu Pilkada dimana gubernur dilantik oleh presiden di ibu kota negara. Apabila presiden berhalangan, pelantikan gubernur dilakukan oleh wakil presiden. Dan jika wakil presiden berhalangan pula, maka menteri dalam negeri yang akan melantik Basuki menjadi Gubernur DKI Jakarta. ‎

Basuki mengatakan, untuk lokasi pelantikan diputuskan oleh Jokowi langsung. Sehingga tidak ada kaitannya dengan DPRD DKI Jakarta. Nantinya anggota DPRD pun diundang dalam pelantikan. "Pelantikan ini tidak ada hubungannya sama DPRD. DPRD hanya sebagai undangan saja yang menghadiri pelantikan," kata Basuki.

Diakui Basuki bahwa Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pelantikan dirinya telah keluar. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Mangara Pardede dan Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah. "Sudah keluar (Keppresnya), tadi sudah diinfokan oleh Sekwan dan Sekda," ucapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1021 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing