You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Pembangunan Waduk Kaja Diapresiasi Warga
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Warga Apresiasi Pembangunan Waduk Kaja

Pembangunan Waduk Kaja di wilayah RW 011 Kelapadua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, diapresiasi warga. Sebab waduk ini dapat dapat mengatasi banjir di kawasan sekitarnya. Waduk dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI pada tahun 2018 lalu dengan anggaran kurang lebih Rp 5 miliar.

Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan adanya waduk ini genangan dan banjir di wilayahnya semakin berkurang

Suryadi (46), warga sekitar mengatakan sebelum adanya waduk ini, jika memasuki musim hujan terlebih jika ada banjir kiriman dari Bogor maka kali Cipinang akan meluap dan airnya menggenangi wilayahnya dengan ketinggian 40-60 cm.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan adanya waduk ini genangan dan banjir di wilayahnya semakin berkurang," ujarnya, Kamis (21/2).

Pembangunan Waduk Kaja Capai 50 Persen

Camat Ciracas, Musa Syafrudin meminta agar warga di Kelapa Dua Wetan juga turut menjaga dan merawat waduk yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 8.000 meter tersebut.

"Yang tidak kalah pentingnya, warga tidak membuang sampah ke waduk," tuturnya.

Sementara, Kepala Seksi Pembangunan Aliran Timur Dinas SDA DKI Jakarta, Andika Purnomo menjelaskan, Waduk Kaja dibangun tahun 2018 lalu dengan anggaran kurang lebih Rp 5 miliar. Pembangunannya meliputi penggalian lahan dengan sistem swakelola sebesar Rp 2 miliar. Sedangkan pembuatan ramp dan  turap menggunakan batu kali melalui proses lelang dengan anggaran Rp 3 miliar.

"Pembangunan Waduk Kaja ini konsepnya naturalisasi, dimana pembangunan turapnya tidak menggunakan beton namun dengan batu kali. Bagian tebing ditanami rumput dan atasnya ditanami pohon," kata Andika Purnomo.

Ia menambahkan, keberadaan waduk sedalam delapan meter ini tidak hanya sebagai pengendali banjir namun juga berfungsi untuk ruang terbuka hijau (RTH) sehingga pada bagian sekeliling waduk saat ini sedang dibangun jogging track serta ditanami penghijauan dari berbagai jenis pohon pelindung dan produktif.

"Harapannya waduk ini dapat mengurangi genangan dan banjir di wilayah sekitar, seperti Ciracas, Kelapa Dua Wetan, Kampung Rambutan dan daerah sekitarnya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye4603 personTiyo Surya Sakti
  2. Tujuh Jenazah Korban Kebakaran Mampang Prapatan Berhasil Diidentifikasi

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2961 personNurito
  3. 85 PPSU Bersih-Bersih Pantai Cikaya

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2788 personAnita Karyati
  4. Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2759 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

    access_time20-04-2024 remove_red_eye2752 personAnita Karyati