You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disparbud Targetkan Kunjungan 41,4 Juta Wisatawan Tahun Ini
.
photo doc - Beritajakarta.id

Disparbud Targetkan Kunjungan 41,4 Juta Wisatawan Tahun Ini

Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) DKI Jakarta menargetkan kunjungan sebanyak 41,4 juta wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019.

Potensi pariwisata di Jakarta sangat besar

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, target kunjungan wisman tahun ini ditetapkan sebanyak 2,9 juta. 

Disparbud Targetkan 36 Juta Wisatawan Nusantara Kunjungi Jakarta

"Target itu meningkat dari realisasi jumlah wisman ke Jakarta di tahun 2018 yang mencapai 2.813.411," ujarnya, Jumat (22/3).

Untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus), sambungnya, pada tahun lalu mencapai 34.192.577. Sementara, untuk tahun ini ditargetkan mencapai 38,5 juta.

"Kita optimistis mencapai target kunjungan itu melalui kerja besar dan kolosal," terangnya.

Edy menjelaskan, berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan kunjungan baik wisman maupun wisnus, terutama melalui pendekatan partisipatif kolaboratif dengan seluruh pemangku kepentingan maupun warga Jakarta itu sendiri.

"Pemprov DKI Jakarta melalui Disparbud harus mengambil peran besar, tidak hanya sebagai regulator atau fasilitator. Tapi, juga harus menjadi operator, saya analogikan sebagai super travel agent, baru disitu kita ajak seluruh asosiasi dan pelaku di bidang pariwisata berkolaborasi," tuturnya.

Menurutnya, sektor pariwisata di Jakarta sangat menjanjikan. Selain memberikan dampak peningkatan perekonomian, juga bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan jumlah yang tidak sedikit, baik dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, maupun retribusi.

"Tahun lalu mencapai sekitar Rp 5,76 triliun. Potensi pariwisata di Jakarta sangat besar. Itu akan kita garap secara optimal," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Disparbud DKI Jakarta, Alberto Ali menambahan, promosi secara langsung maupun sosial media akan lebih digencarkan.

"Kita akan lebih informatif agar destinasi wisata  dan seni budaya di Jakarta lebih menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1463 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1277 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1069 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1008 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye982 personDessy Suciati