You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Sudin Pendidikan Jaktim Fasilitasi Kegiatan Ekskul di Monas
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin Pendidikan Jaktim Fasilitasi Kegiatan Ekskul Siswa di Monas

Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Timur Wilayah 2, memfasilitasi sebanyak 400 siswa SD, SMP dan SMA dalam mengadakan kegiatan ekstra kurikuler di Monas.

Pemanfaatan ruang terbuka hijau di Monas ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 400 siswa dari sembilan sekolah yang ada di Jakarta Timur

Kasudin Pendidikan Jakarta Timur wilayah 2, Abdul Rachem mengatakan, kegiatan ekskul bagi siswa siswi di Monas merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Dinas Pendidikan DKI dalam hal pemanfaatan lahan terbuka hijau untuk berekspresi, menampilkan bakat di bidang olahraga, seni dan budaya.

"Pemanfaatan ruang terbuka hijau di Monas ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 400 siswa dari sembilan sekolah yang ada di Jakarta Timur," ujarnya, Senin (6/4).

Karya Wisata Diusulkan Jadi Ekskul di Kepulauan Seribu

Adapun sembilan sekolah yang pentas di Monas masing-masing adalah, SDN Bambu Apus 01 menampilkan drumband, kemudian SMPN 210 menampilkan tarian, SMPN 81 menampilkan perkusi, SMPN 9 menampilkan drumband, dan SMAN 113 menampilkan tarian. Selain itu SMPN 257 menampilkan perkusi, SMAN 14 menampilkan seni musik dan bernyanyi, SMKN 24 menampilkan tari serta SMKN 58 menampilkan pertunjukan drumband.

Menurutnya, kegiatan yang menampilkan olahraga beladiri taekwondo, karate dan seni beladiri pencak silat, drumbband, seni tari, seni musik ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu oleh pelajar yang ada di lima wilayah kota dan satu kabupaten.

Kepala SMPN 257, Mohammad Samin menambahkan, pihaknya mengirimkan 148 siswanya untuk bermain perkusi yang berbahan dasar barang bekas, seperti ember, tong, galon air mineral, botol beling, sendok dan peralatan lainnya. Seluruhnya digabung dengan alat musik lira dan dipadu dengan tari dinamik yang mengikuti irama perkusi.

"Kita kerahkan 28 siswa untuk bermain perkusi. Mereka didukung oleh 120 siswa lainnya dan 60 guru untuk memberikan semangat dan motivasi pada para pemain perkusi sehingga acara sangat meriah," kata Samin.

Ia menambahkan, keiatan di Monas tersebut merupakan salah satu wadah bagi siswa-siswi serta guru-guru pembimbing dalam menampilkan kreativitas eskul yang ada di sekolah.

"Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu ajang promosi wisata di Monas dan promosi kreativitas terkait minat dan bakat siswa dalam bidang seni budaya serta olahraga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1157 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1111 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito