You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Diteror Penonton, Ganda Campuran DKI Mundur
Sikap tidak sportif diperlihatkan suporter tuan rumah di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. .
photo doc - Beritajakarta.id

Diteror Penonton, Ganda Campuran DKI Mundur

Sikap tidak sportif diperlihatkan suporter tuan rumah di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Sudah pasti ulah dan tindakan suporter sangat mengganggu pemain. Lebih parah lagi kondisi ini tidak mampu diatasi panitia pelaksana. Selain itu, di lokasi pertandingan tidak terlihat petugas keamanan

Seperti yang terjadi pada pertandingan cabang olahraga bulutangkis, Rabu (10/12). Berbagai skenario gencar dilakukan untuk meruntuhkan semangat dan moral para atlet DKI Jakarta.

Pada pertandingan ganda campuran, pasangan asal Jakarta, Chico Aura Dwi Wardoyo/Jauza Fadhilla Sugiarto melawan Akbar Gusti Ramadhani/Miftahui Nabila (Jawa Timur) diintimidasi pendukung tuan rumah.

DKI Raih Emas dari Anggar

Saat pasangan atlet ganda campuran DKI unggul 21-12 di set pertama babak perempatfinal, para pendukung atlet tuan rumah melakukan intimidasi yang dinilai berperilaku tidak senonoh dan mengucapkan kata-kata sangat tidak sopan. Bahkan menjurus SARA dan rasis.

Kondisi ini membuat Ketua Kontingen DKI Jakarta, Icuk Sugiarto, menginstruksikan kepada pelatih Toto Sunarto untuk menarik pasangan ganda campuran DKI Jakarta, Chico Aura Dwi Wardoyo/Jauza Fadhila Sugiarto dari lapangan pertandingan.

“Sudah pasti ulah dan tindakan suporter sangat mengganggu pemain. Lebih parah lagi kondisi ini tidak mampu diatasi panitia pelaksana. Selain itu, di lokasi pertandingan tidak terlihat petugas keamanan,” kata Icuk Sugiarto, saat dihubungi, Kamis (11/12).

Icuk mengungkapkan, KONI DKI bersama beberapa peserta lainnya juga mempermasalahkan soal kuota atlet yang ditetapkan pada cabor bulutangkis, tenis, dan tenis meja yaitu dua orang terdiri satu atlet putra dan satu atlet putri. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan tim cabor bulutangkis Jatim terdiri dari 4 atlet, satu atlet tunggal putra, satu tunggal putri, dan satu pasang ganda campuran.

Kelebihan kuota atlet Jatim pada cabang bulutangkis disinyalir juga terjadi pula pada cabang tenis dan tenis meja. “Jelas, jumlah empat orang atlet tersebut sudah melanggar ketentuan dan mencederai nilai sportivitas yang diucapkan Ketua PB PON Remaja I, Gubernur Jatim, Ketua Umum KONI Pusat, dan Menpora pada pembukaan 9 Desember 2014. Kami sudah melayangkan surat protes,” ungkapnya.

Icuk mengungkapkan, pihaknya telah meminta agar ketetapan kuota atlet dan azas sportivitas harus ditegakkan oleh semua pihak terutama oleh panpel, wasit, juri, dan penanggungjawab kontingen secara konsisten dan konsekuen. ”Kami juga menuntut kepada PB PON Remaja I agar Tim Jawa Timur yang melanggar ketentuan didiskualifikasi,” ungkapnya.

Hingga hari ini, DKI Jakarta masih memimpin dalam klasemen sementara perolehan medali dengan 16 emas, 12 perak, dan 6 perunggu. Unggul atas Jatim yang berada di posisi kedua dengan 11 emas, 13 perak, dan 8 perunggu.

Cabor renang membuat kejutan gemilang dengan meraih lima emas. Lima emas DKI masing-masing dipersembahkan AA Istri Kania Ratih dari nomor 100 meter gaya punggung putri, Dwiki Anugrah yang berlomba di nomor 100 meter gaya punggung putra, Joshi Jundi di nomor 100 meter gaya bebas putra, Wemona Obelia (200 meter gaya dada putri) dan Ilham Ahmad (200 meter gaya dada putra). Dari atletik emas disumbangkan oleh Jenny Nuraini pada nomor lari 200 meter putri. Sedangkan anggar lewat Aditya Rizki di degen putri.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1023 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye951 personAldi Geri Lumban Tobing