You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KUKMP Luncurkan Pembayaran Retribusi Pengguna Lokasi Usaha Menggunakan Financial Technology Me
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas KUKMP Manfaatkan Fintech Permudah Pembayaran Retribusi

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha di lokasi binaan (lokbin) dan lokasi sementara (loksem) untuk membayar retribusi dengan memanfaatkan financial technology (Fintech).

Kami fasilitasi mereka untuk semakin tertib membayar retribusi

Bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi DKI Jakarta, Bank DKI, dan Tokopedia metode pembayaran retribusi tersebut diluncurkan di Ruang Serbaguna Dinas KUKMP, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Prosesi peluncuruan turut dihadiri perwakilan 250 pelaku usaha loksem dan lokbin dari lima wilayah kota di DKI Jakarta.

Kepala Dinas KUKMP Provinsi DKI Jakarta, Adi Ariantara mengatakan, melalui metode pembayaran tersebut pelaku usaha atau pedagang di loksem dan lokbin semakin dimudahkan dalam membayar retribusi.

Dinas KUKMP Adakan Pelatihan Pengelolaan Akuntansi Koperasi

"Kami fasilitasi mereka untuk semakin tertib membayar retribusi. Kami berharap, berbagai kendala pembayaran retribusi selama ini bisa teratasi dengan adanya Fintech ini dan ke depan tidak ada lagi pedagang yang menunggak retribusi," ujarnya, Rabu (3/7).

Adi menjelaskan, Dinas KUKMP DKI Jakarta telah menyediakan fasilitas kios usaha untuk masyarakat di 218 titik lokasi usaha yang telah dimanfaatkan oleh 11.610 wajib retribusi. Sejak 2015, pembayaran retribusi sudah dilaksanakan menggunakan autodebet Bank DKI. Kemudian, mulai April 2019 BPKD Provinsi DKI Jakarta dengan Bank DKI telah melakukan penyempurnaan sistem autodebet.

"Untuk pembayaran piutang retribusi tahun 2015 sampai dengan bulan Maret 2019 dilaksanakan melalui penerbitan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) oleh masing-masing Suku Dinas KUKMP dan pembayarannya dapat dilakukan melalui teller Bank DKI dan Tokopedia," terangnya.

Ia menambahkan, Dinas KUKMP akan terus berinovasi dan membuat terobosan baru agar para pedagang di loksem dan lokbin dapat semakin meningkatkan kesejahteraanya.

"Kami berkomitmen untuk ikut mewujudkan Jakarta yang semakin maju dan bahagia warganya, termasuk para pedagang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3913 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3493 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3312 personAnita Karyati
  4. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3257 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3250 personNurito