You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas KPKP Apresiasi Penggiat Pertanian Perkotaan di Tugu Utara
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Apresiasi Penggiat Pertanian Perkotaan di Tugu Utara

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta sangat mengapresiasi penggiat urban farming atau pertanian perkotaan di RW 01, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Memberikan manfaat dalam mengatasi kebutuhan pangan

Pelaksana Tugas (Plt) Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, berkat peran para penggiat urban farming tersebut lingkungan menjadi lebih hijau dan asri.

"Adanya aktivitas pertanian juga memberikan manfaat dalam mengatasi kebutuhan pangan keluarga terutama sayuran, buah buahan, dan hasil olahannya," ujarnya, Jumat (12/7).

Warga Cilandak Barat Panen 10 Kilogram Sayur Organik

Eli menjelaskan, melalui optimalisasi pertanian perkotaan, warga juga semakin peduli terhadap pemanfaatan sampah organik untuk kompos. Sehingga, sampah-sampah itu bisa diolah dan tidak perlu sampai diangkut menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

"Tidak hanya itu, barang-barang bekas seperti paralon dan ember juga masih dimanfaatkan sebagai perlengkapan atau media tanam," terangnya.

Ia menambahkan, adanya pertanian perkotaan di Kelurahan Tugu Utara juga dapat meningkatkan interaksi warga.

"Mereka cenderung lebih bergotong-royong dalam merawat tanaman untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, dan asri," ungkapnya.

Sementara, penggiat pertanian perkotaan di RW 01, Kelurahan Tugu Utara, Dani Arwanto menuturkan, sejak tahun 2018 Dinas KPKP memberikan pendampingan dan sangat dirasakan manfaatnya.

"Saya sebagai Ketua RT 07 sudah mulai menerapkan konsep Gang Hijau sejak tahun 2016. Kemudian, di tahun 2018 ada pendampingan dari Dinas KPKP sehingga kita bisa lebih mengoptimalkan konsep urban farming," ucapnya.

Menurutnya, setelah melihat hasil dari kerja keras yang dilakukan, semakin banyak warga yang tertarik dan tergerak untuk bahu-membahu menghijaukan lingkungan dengan menanam aneka sayuran dan buah-buahan.

"Urban farming ini kami rasakan langsung manfaatnya, melihat lingkungan yang indah dan asri di dekat rumah rasanya seperti kita berekreasi. Hasil panen sayuran sehat ini juga bisa membantu kebutuhan pangan keluarga maupun untuk dijual," bebernya.

Wilayah lain, sambungnya, seperti di RW 01, Kelurahan Tugu Utara, seperti RT 08, 09, dan RT 10 juga sedang merintis pengembangan pertanian perkotaan.

"Saya tidak henti ikut melakukan sosialisasi kepada warga dan pengurus RT lainnya. Ke depan di RT 01, 02, 03, 04, dan RT 05, juga akan melakukan hal serupa," tuturnya.

Ia berharap, Dinas KPKP bisa terus memberikan dukungan untuk wilayah-wilayah yang akan mulai menggiatkan urban farming, terutama berkaitan dengan kebutuhan bibit tanaman.

"Kami berterimakasih untuk support yang sudah diberikan. Semoga urban farming ini bisa semakin masif di Jakarta karena memang kita menghadapi kendala keterbatasan lahan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2682 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2489 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2361 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2361 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2234 personTP Moan Simanjuntak