RSUD Kebayoran Baru Jadi Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik
access_time Rabu, 14 Agustus 2019 18:49 WIB
remove_red_eye 5433
person Reporter : Maulana Khamal Macharani
person Editor : Toni Riyanto
Penilaian ini dilakukan se-Indonesia,
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terpilih menjadi role model penyelenggara pelayanan publik tingkat Provinsi DKI Jakarta, dalam menyongsong Penilaian Penyelenggaraan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) yang akan diumumkan sekitar bulan Oktober mendatang.
RSUD Jati Padang Edukasi Warga Pentingnya ASI Eksklusif
Direktur RSUD Kebayoran Baru, Friana Asmely menjelaskan, dipilihnya RSUD Kebayoran Baru karena sebelumnya pernah mendapatkan apresiasi sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik dari Kementerian PANRB di tahun 2018.
"Ini adalah untuk kedua kalinya, untuk di tingkat kota Jakarta Selatan juga kita yang dipilih, penilaian ini dilakukan se-Indonesia sesuai dengan Permen PANRB Nomor 17 T
ahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik," ujarnya, Rabu (14/8).Friana menjelaskan, RSUD Kebayoran Baru telah menerapkan standar pelayanan publik dan inovasi untuk mempersingkat durasi layanan agar pasien tidak lama menunggu. Untuk standar layanan publik RSUD Kebayoran Baru ada di semua unit, mulai dari loket, humas, IGD, Radiologi hingga pemberian obat.
"Kami juga menyediakan beragam fasilitas yang tersedia bagi pasien prioritas seperti ibu hamil dan balita, lansia, penyandang disabilitas," terangnya.
Menurutnya, terkait pemberian obat dan sistem pendaftaran pasien, saat ini RSUD Kebayoran baru telah menerapkan sistem online melalui inovasi program SIDOeL serta SILONTAR RASA BARU yang merupakan akronim dari Sistem Daftar Online dan Sistem Layanan Obat Antar RSUD Kebayoran Baru dengan tujuan memangkas waktu pelayanan.
"Melalui layanan ini, pasien lama cukup mengisi nomor rekam medis yang ada di kartu berobat pasien dan datang ke customer support untuk memperlihatkan bukti pendaftaran online tanpa mengantri lagi di loket. Sementara, bagi pasien baru bisa langsung mengisi biodatanya pada SIDOeL sehingga saat sampai di RSUD tidak perlu lagi mengisi biodata," ungkapnya.
Ia berharap, berbekal inovasi dan standar layanan yang semakin baik, tahun ini RSUD Kebayoran Baru bisa kembali meraih prestasi dari Kementerian PANRB.
"Inovasi dan layanan publik yang baik di bidang kesehatan akan terus kami hadirkan untuk memberikan kepuasan bagi masyarakat," tandasnya.
Berita Terkait
-
RSUD Kemayoran Buka Layanan Kesehatan di Pasar Serdang
access_timeKamis, 01 Agustus 2019 17:37 WIB
remove_red_eye4386 personRezki Apriliya Iskandar -
RSUD Tugu Koja Luncurkan Aplikasi E-Ladies
access_timeSelasa, 23 Juli 2019 16:30 WIB
remove_red_eye5542 personBudhi Firmansyah Surapati
Berita Terpopuler
indeks