You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Festival Bang Jaim Tingkatkan Pariwisata Ibu Kota
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Ragam Seni Budaya Meriahkan Festival Bang Jaim

Festival Bang Jaim yang berlangsung pada 23-24 Agustus berlangsung meriah dengan beragam atraksi seni dan budaya. Bang Jaim merupakan akronim dari empat ruas jalan tempat berlangsungnya acara yakni, Jalan Sabang, Jaksa, Kebon Sirih, dan Jalan KH Wahid Hasyim.

Dari berbagai daerah kami tampilkan di sini

Selain dimeriahkan pertunjukan seni budaya lintas daerah, kegiatan ini juga diisi oleh bazar yang diikuti oleh 100 pelaku usaha di bidang kuliner dan kerajinan.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan mengatakan, selain memeriahkan HUT ke-74 RI, kegiatan tersebut digelar sebagai upaya menghidupkan kembali berbagai potensi budaya serta meningkatkan sektor pariwisata di Jakarta.

Sudin Parbud Jakpus akan Gelar Festival Kebon Bang Jaim

"Melalui festival ini kami ingin mempromosikan destinasi pariwisata dan budaya di Jakarta. Jadi, bukan hanya budaya dan kesenian tradisional Betawi saja, tapi dari berbagai daerah kami tampilkan di sini," ujarnya, Sabtu (24/8).

Sonti menjelaskan, Festival Bang Jaim juga diisi oleh berbagai kegiatan yang dapat menarik generasi muda dan mengundang sejumlah komunitas seperti Humanoid Manusia Patung, Cosplay Jabodetabek, Jakarta Fashion Carnaval, Federasi Airsoft Indonesia, dan Kumpulan Vespa Kampus.

"Kegiatan ini semakin semarak dengan aksi panggung seperti Om PMR, Denny Frust, Panca Suca 4, Suroya, dan Steven Jam. Kami melibatkan peran anak muda untuk menarik minat kaum milenial," ungkapnya.  

Menurutnya, Festival Bang Jaim tahun ini menjadi event perdana yang mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat. Terbukti, hingga Jumat (23/8) malam ribuan pengunjung meramaikan festival tersebut.

"Pengunjungnya ribuan, itu penuh banget sampai malam, jajanan sold out. Antusias warga cukup tinggi. Tahun depan akan kami adakan lagi," terangnya.

Sonti menerangkan, lokasi diselenggarakannya Festival Bang Jaim sudah terkenal sebagai kawasan wisata dan kebudayaan sejak dulu yang perlu terus dilestarikan dan dikenalkan kepada generasi penerus.

"Tempat ini sudah berkembang dan menjadi tempat festival kebudayaan dan menjadi identitas dari Jakarta Pusat," ucapnya.

Ia menambahkan, festival ini juga dimeriahkan oleh kegiatan Fun 2K Run pada Sabtu (24/8) pagi yang diikuti oleh 150 peserta. Adapun rute yang ditempuh yakni, Jalan Kebon Sirih-Sabang-Jaksa-Jalan KH Wahid Hasyim.

"Hotel-hotel yang ada di empat jalan itu berinisiatif untuk memberikan hadiah kepada pemenang Fun 2K Run," katanya.

Seemntara, salah seorang pengunjung Festival Bang Jaim asal Johar Baru, Purnomo menuturkan, dirinya menyambut baik digelarnya festival ini. Selain menjadi destinasi wisata keluarga saat akhir pekan, berbagai kegiatan yang ditampilkan bisa memberikan hiburan dan edukasi untuk semua kalangan serta tingkatan usia.

"Banyak kegiatan yang menghibur dan dinikmati anak sampai orang dewasa. Nilai-nilai budaya juga terasa, ada kesenian tradisional dari berbagai daerah. Semoga jadi acara rutin," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1108 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye875 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye786 personBudhi Firmansyah Surapati