You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Sungai Ciliwung Akan Jadi Ekowisata
.
photo doc - Beritajakarta.id

Sungai Ciliwung Akan Jadi Ekowisata

Kondisi Sungai Ciliwung yang kotor dan dipenuhi sampah serta keberadaan bangunan liar di sepanjang daerah aliran sungai ini secara bertahap akan dibenahi Pemprov DKI Jakarta. Bahkan, sungai terbesar dan terpanjang di Jakarta itu akan dijadikan destinasi ekowisata.

Ke depan, Sungai Ciliwung akan kita jadikan destinasi ekowisata. Saya sudah mencoba dan itu menarik

"Ke depan, Sungai Ciliwung akan kita jadikan destinasi ekowisata. Saya sudah mencoba dan itu menarik," kata Djarot Saiful Hidajat, Wakil Gubernur DKI Jakarta, usai acara ‎Bulan Bhakti Pemuda 2014 Forum Pemuda Betawi di Hutan Kota Sangga Buana, Jalan Karang Tengah, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/12).

‎Djarot menilai, Sungai Ciliwung sangat mempunyai potensi jika dikembangkan menjadi tempat wisata yang nantinya bermanfaat, baik bagi warga dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprov DKI Jakarta. "Sungainya bagus, kalau dikembangkan buat wisata pasti bermanfaat," tuturnya.

Djarot Blusukan ke Lokasi Banjir

Menurut Djarot, dengan dikembangkan menjadi tempat wisata, masyarakat nantinya akan bisa mengetahui ekosistem lingkungan di bantaran Sungai Ciliwung. Selain itu, warga juga dapat mengenal tanaman yang sudah langka seperti Pohon Menteng dan Gandaria. "Saya ingin tanaman langka asal Betawi ditanam di Ciliwung biar dikenal anak muda. Daripada jalan ke mal atau kafe, mending ‎mereka ke Ciliwung," ujarnya.

Namun sebelum itu, lanjut Djarot, Sungai Ciliwung harus dinormalisasi terlebih dahulu agar aliran sungai lancar dan berfungsi dengan baik. Sebab, kondisi sungai tersebut saat ini sudah kotor dan terjadi penyempitan seperti di wilayah Kampung Pulo Jakarta Timur. "Saya sudah telusuri Sungai Ciliwung, lebarnya sudah mengecil," terangnya.

Atas dasar itu, Djarot mengimbau warga agar lebih peduli terhadap keberadaan Sungai Ciliwung daripada menggelar aksi yang tidak produktif. "Lebih baik demo lingkungan untuk bersihkan Ciliwung," ungkapnya.

Langkah Djarot akan menyulap Ciliwung menjadi destinasi ekowisata mendapat dukungan dari Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Zainuddin. "Bagus, tapi normalisasi dulu," ujarnya.

Ia juga meminta setelah dilakukan normalisasi, Pemprov DKI juga harus membebaskan lahan warga yang tinggal 20-30 meter dari Sungai Ciliwung agar bisa digunakan untuk pembangunan jalan. "Jalan itu bisa dimanfaatkan warga sebagai jogging track dan jalur sepeda," ujarnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye5470 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4645 personNurito
  3. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3782 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Juru Parkir Liar di Minimarket Bakal Ditertibkan

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3771 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BBPOM DKI Gelar Pelatihan Fasilitator Pasar

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3677 personFolmer