You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Desain Pembangunan Kolaboratif Kampung Akuarium Dipamerkan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Desain Pembangunan Kolaboratif Kampung Akuarium Dipamerkan

Warga Kampung Akuarium berkolaborasi dengan Rujak Center For Urban Studies, Sabtu (21/9), memerkan desain pembangunan dan perkembangan kawasan tersebut di Gedung Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Hasil penelitian akan menjadi usulan bagi Pemerintah DKI Jakarta dalam pembangunan Kampung Akuarium

Salah satunya, dipamerkan usulan desain kampung yang berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara ini menjadi Kampung Wisata Inap Pesisir.

Direktur Eksecutive Rujak Center For Urban Studies, Elisa Sutanudjaja mengatakan, pameran ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan International Fields School dan Urban Kampung Conference.

Gubernur Terima Aspirasi Warga Kampung Akuarium

Mereka, lanjut Elisa, saling bertukar pikiran dengan warga Kampung Akuarium menghasilkan berbagai desain pembangunan di masa mendatang.

"Pameran ini bercerita soal pentingnya kampung bagi Kota Jakarta. Terutama kampung sebagai urban commons yang kita artikan sebagai ruang komunal bersama," katanya.

Dijelaskan Elisa, kegiatan juga memamerkan hasil sekolah lapangan selama 2018 dan 2019. Kemudian hasil penelitian kelompok Pariwisata dan Cagar Budaya, yakni program masa depan Kampung Akuarium yang didesain sebagai Kampung Inap Pesisir.

Hasil penelitian kelompok infrastruktur pun turut mendesain koneksi antar kampung dan lokasi bersejarah lainnya mulai dari Kampung Luar Batang hingga Pelabuhan Sunda Kelapa.

"Kami juga meneliti berbagai aspek lain seperti lingkungan hidup, koperasi dan komunitas. Hasil penelitian akan menjadi usulan bagi Pemerintah DKI Jakarta dalam pembangunan Kampung Akuarium," jelasnya.

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, optimis pembangunan Kampung Akuarium mulai berjalan pada Januari 2020 mendatang.

Apalagi desain yang diusulkan ini tidak hanya pembangunan fisik, namun juga menyertakan program pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan Kampung Akuarium sebagai Kampung Wisata Inap Pesisir.

"Tentu kita harus melihat bahwa kata-kata 'kampung' itu sudah menjadi sebuah bahasa dunia hari ini. Begitu sudah mendunia otomatis akan mengundang wisatawan untuk datang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye6016 personTiyo Surya Sakti
  2. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye3114 personTiyo Surya Sakti
  3. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye3026 personTP Moan Simanjuntak
  4. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2970 personNurito
  5. Satgas SDA Bersihkan Saluran Air di Terminal Pulogadung

    access_time25-04-2024 remove_red_eye2738 personNurito