You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ikan Cupang di Sentra Flora Fauna Semanan Kian Ramai
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Geliat Bisnis Ikan Cupang Hias di Sentra Flona Semanan

Berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektare, Sentra Flora dan Fauna di Jalan H Asenih, RW 03 Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, kini menjadi salah satu tempat aktualisasi nyaman bagi para pehobi ikan cupang hias. Setiap harinya, puluhan bahkan mungkin ratusan pengunjung berseliweran di sana mencari ikan cupang hias dari berbagai jenis.

Alhamdulilah, sekarang dari luar daerah sudah mulai berdatangan untuk membeli ikan cupang hias di sini

Fenomena ini tentu menjadi berkah bagi pelaku usaha ikan cupang hias binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat, yang membuka usaha di sana. Salah satunya adalah Munadi, yang membuka usaha di Sentra Flona Semanan sejak 2018 lalu.  

Pria berusia 50 tahun ini menuturkan, usaha ikan cupang hias telah ditekuninya sejak 1997. Awalnya, sekadar hobi bermain ikan cupang aduan saat masih duduk di bangku SD dan tergabung dalam komunitas Bina Koja, Duri Kosambi, Cengkareng.  

Sentra Flora Fauna Semanan Bakal Dibenahi

"Awalnya hanya ada satu jenis yakni cupang aduan. Dari komunitas Bina Koja, lahir species ikan cupang hias yakni halfmoon, serit, koi, plakat, giant, dan sebagainya," ujar Munadi, Kamis (4/10).

Dia menceritakan, sebelum membuka usaha di Sentra Flona Semanan dirinya berjualan ikan cupang hias di rumahnya di kawasan Duri Kosambi. 

Setelah mengikuti program pengembangan kewirausahaan terpadu (PKT) Sudin KPKP Jakarta Barat, serta tergabung dalam komunitas pencinta ikan cupang hias, pada 2018 dia membuka usaha di Sentra Flona Semanan ini.

"Saya mulai mengajak konsumen langganan untuk datang ke Sentra Flora dan Fauna Semanan. Alhamdulillah, sekarang dari luar daerah sudah mulai berdatangan untuk membeli ikan cupang hias di sini," paparnya.

Ia mengungkapkan, program PKT sangat membantu pelaku usaha yang berjualan ikan cupang hias. Selain tersedia tempat usaha di Sentra Flora dan Fauna Semanan, Sudin KPKP Jakarta Barat juga memberikan bantuan rak untuk menaruh wadah ikan cupang.  

"Penjualan mencapai 5.000 ekor ikan cupang hias berbagai jenis dalam sepekan, bahkan lebih tergantung stok masuk," ungkap ayah dari empat anak ini.

Pendapat senada disampaikan Baharudin (48). Ia mengaku, dalam satu pekan penghasilan dari berjualan ikan cupang hias di Sentra Flora dan Fauna Semanan berkisar Rp 1 hingga Rp3 juta.  

"Semula hobi memelihara dan sampai saat ini fokus berjualan ikan cupang untuk membiayai kehidupan keluarga," ujarnya.

Harga ikan cupang hias yang dijual di Sentra Flona Semanan ini bervariatif, untuk ikan cupang anakan rata-rata dibandrol dengan kisaran harga Rp 5000 hingga Rp 10.000. Namun, untuk yang sudah jadi, seperti jenis cupang hias giant bisa dijual dengan harga samapi Rp 250 ribu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye11757 personNurito
  2. Korsleting Listrik Diduga Picu Kebakaran di Jalan Tridharma Utama III

    access_time18-04-2024 remove_red_eye4490 personTiyo Surya Sakti
  3. Perbaikan Tanggul Jebol di Cibubur Rampung Pekan Depan

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4357 personNurito
  4. 15 Unit Pemadam Atasi Kebakaran di Kemayoran Gempol

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4348 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Percepatan Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta, Pemprov DKI Teken MoU Bersama Sojitz Corporation

    access_time17-04-2024 remove_red_eye4244 personFolmer